Sebagian besar karyawan diminta untuk bekerja dari rumah untuk menghambat penyebaran virus corona jenis baru yang sedang menjadi pandemi saat ini. Yah, bekerja dari rumah memang terlihat menyenangkan. Namun, jika dilakukan dalam waktu lama, hal ini akan menyebabkan berbagai masalah, termasuk pertambahan berat badan. Apalagi, selama bekerja dari rumah para karyawan juga diminta untuk lebih banyak berdiam diri di rumah dan melakukan social distancing.

Tentunya, ini membuat ruang gerak menjadi terbatas sehingga sulit untuk melakukan aktivitas fisik. Menurut ahli gizi Jaclyn Reutens, terbatasnya ruang gerak juga cenderung membuat nafsu makan melonjak karena kondisi lingkungan memiliki pengaruh besar pada pilihan makanan kita.

Beberapa Tips ini bisa kamu lakukan saat #dirumahaja :

1. Kurangi Makan Makanan Manis

Kurangi makan makanan manis ya saat harus di rumah aja. Meski terlihat menggoda, di masa-masa rentan terpapar virus seperti sekarang yang seharusnya lebih banyak kamu konsumsi adalah makanan bernutrisi dan kaya akan antioksidan. Untuk sementara, lupakan dulu cake, cookies, puding, minuman bersoda, jus kemasan, buah kalengan, dan lain-lain.
Pun, menurut penelitian makanan manis adalah salah satu makanan yang dapat meningkatkan berat badan dalam waktu singkat. Agar berat badan tetap stabil, sebaiknya batasi konsumsi makanan dan minuman manis ini dalam sehari (kalau memang sudah tak tahan lagi ingin tetap dikonsumsi). Misalnya, jika pagi hari kamu sudah menghabiskan sepotong cake dan minuman manis, usahakan kamu tidak mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi lagi saat makan malam. 

2. Makanlah dalam Porsi Kecil

Salah satu cara paling efektif menjaga tubuh tetap sehat dan berat badan tetap ideal adalah dengan menjaga porsi makan. Selama swa-karantina, stok makanan di rumah jadi lebih banyak dan beragam. Kamu boleh kok mencicipi berbagai macam jenis makanan yang tersedia di rumah, hanya saja, pastikan agar porsinya jangan berlebihan dan makanan yang kamu makan mengandung gizi ya. Gunakan piring kecil untuk mengambil makanan yang kamu inginkan sehingga kamu juga dapat menjaga asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

3. Makan Sayur dan Buah

Nah, ini yang paling penting! Pastikan untuk selalu menyantap sayur dan buah dan menjadikan keduanya menu pasti dalam piringmu setiap hari. Sayur dan buah-buahan adalah makanan yang rendah kalori namun tinggi serat sehingga dapat membuatmu kenyang lebih lama, dan sehat pastinya. Semakin beragam buah dan sayuran yang kamu konsumsi, berarti kamu juga meminimalisir risiko kegemukan dan penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung atau diabetes. Pentingnya lagi, ini akan membuat kekebalan tubuhmu jadi lebih baik sehingga bisa mencegah virus masuk ke dalam tubuh.

4. Tetap Bergerak Aktif

Di rumah aja bukan artinya bisa rebahan sepanjang hari dan bermalas-malasan kan? Toh, kamu tetap harus beraktivitas seperti biasa seperti belajar dan bekerja. Bedanya, sekarang semuanya harus dilakukan dari rumah. Masalahnya, rutinitas yang biasanya bikin tubuh sering bergerak sekarang pasti jadi berkurang drastis dan bisa-bisa ini bikin tubuhmu jadi nggak sehat. Cobalah untuk tetap berolahraga ringan seperti workout di rumah dan yoga. Nggak perlu olahraga berat, cukup bergerak ringan meski hanya dilakukan selama 15-30 menit akan membantumu menjaga kebugaran selama swa-karantina di rumah aja. 

5. Download Aplikasi Untuk Membantu Memonitor Berat Badan

Saat #dirumahaja tentunya aktivitas kita sangat terbatas, tips terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan mendownload aplikasi untuk membantu memonitor berat badan kamu, kamu bisa mendownload aplikasi Hawa Gym secara gratis di Playstore dan AppStore. Dapatkan beberapa fitur didalam aplikasi hawa gym yang memudahkan kamu untuk memonitor berat badan, kadar air di dalam tubuh, serta forum yang membahas seputar olahraga.