Susu kedelai merupakan salah satu minuman sehat yang penuh gizi. Susu kedelai kaya asam lemak, protein, serat, vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Pengganti susu sapi ini sebenarnya bukanlah susu, namun merupakan sari kedelai berwarna putih yang dihasilkan melalui proses perendaman, penggilingan, dan perebusan kacang kedelai.

Dengan kandungan nutrisi yang beragam, manfaat susu kedelai benar-benar bisa dirasakan oleh vegetarian yang tetap ingin mendapat manfaat sehat dari jenis susu lainnya.

Mengurangi Asupan Kalori

Dalam 1 cangkir susu kedelai mengandung sampai 8 gram protein, 4.5 gram lemak serta 12 gram karbohidrat. Ini membuktikan jika manfaat susu kedelai hampir serupa dengan susu sapi tetapi dengan kadar kalori lebih sedikit. Ini sangat baik untuk dimasukkan ke dalam menu diet kamu.

Mengurangi Kadar Kolesterol Darah

Di dalam tubuh kolesterol akan bergabung dengan protein, membentuk senyawa yang disebut Lipoprotein; yang terdiri dari dua variasi adalah LDL (Low Density Lipoprotein) dan HDL (High Density Lipoprotein). LDL dikenal sebagai Kolesterol Jahat, sebab sering kali memicu penumpukan plak kolesterol di dinding arteri. Sementara HDL dikenal sebagai Kolesterol Nutrisi, karena berfungsi membersihkan kolesterol di dinding arteri dan membawanya kembali ke hati tempat kolesterol dipecah dan dikeluakan.

Manfaat susu Kedelai mampu menghalau kolesterol jahat (LDL), sebab susu kedelai mengandung Lesitin yang bersifat mengemulsi (melarutkan) kolesterol dalam darah, sehingga tidak ada lagi penyempitan.

Mencegah Diabetes Melitus

Diabetes Melitus muncul karena tubuh kekurangan Insulin; yang mengakibatkan kelainan metabolisme karbohidrat, protein, lemak, air, dan elektrolit. Susu kedelai yang mengandung Asam Amino Glisin dan Asam Amino Arginin mampu menjaga keseimbangan Hormon Insulin.

Penyerapan lemak yang lebih baik

Manfaat susu kedelai untuk diet lainnya adalah soal penyerapan lemak. Asam lemak dalam susu kedelai bisa membantu pencernaan untuk menyerap lemak. Hal ini bisa membantu menurunkan berat badan dengan lebih efektif. Selain itu, manfaat susu kedelai untuk diet bisa maksimal kita dapat karena konsumsi susu kedelai membuat kita kenyang lebih lama.