STARTUP market leaderAsosiasi Franchise Indonesia bersama Majalah Franchise kembali menggelar event “franchise Market Leader & Start Up Bussiness Market Leader Award 2016”. Ajang pemberian penghargaan yang diselenggarakan ke tujuh kalinya ini bertempat di XXI Mal Kelapa Gading, Jakarta, 11 Oktober 2016. Event akbar ini dilaksanakan dengan setidaknya melibatkan survey kepada 400 lebih merek franchise dan business opportunity diseluruh indonesia. Berbagai merek target survey tersebut adalah terdiri dari beberapa kategori bisnis seperti Restoran, F&B, bengkel, café, fried chicken, apotek, laundry, salon & spa, travel agen, pendidikan, broker property, otomotif, minimarket, kebugaran, kecantikan dan kesehatan, dll.

Dengan diadakannya survey tersebut, maka akan dapat diketahui posisi penguasa pasar suatu merek di industry franchise & business opportunity di Indonesia. Inilah tujuan diadakannya survey ini yang sekaligus menjadi kacamata untuk melihat pertumbuhan suatu merek bisnis sepanjang 2016. Dan pada akhirnya, diharapkan kegiatan ini mampu menjadi bahan evaluasi kinerja dan performa bisnis mereka. Dalam kesempatan ini pula ketua AFI maupun pimpinan Majalah franchise dalam sambutannya sepakat bahwa moment penghargaan bagi para pemenang “startup bisnis market Leader” jadi moment penting utk menguatkan Brand Nasional dengan melakukan langkah “buzz marketing”. Dengan prestasi yang sudah dodapat, tentu saja akan akan menguatkan kepercayaan para calon franchise.

Metode Penelitian

Metodologi penelitian yang dipilih pada kegiatan ini adalah kombinasi antara primary dan secondary data research. Primary research menggunakan metode sensus, dimana setiap franchise, dan startup business (yang terdapat pada database Majalah Franchise) akan dihubungi oleh pewawancara dari lembaga riset Dinamic Marketing Research, mendapatkan email berupa kuesioner terstruktur yang harus diisi dan dikirim ulang kepada tim peneliti. Dengan primary research, sebagian data-data yang dibutuhkan diperoleh. Aktifitas penelitian dilakukan sejak pertengahan Agustus hingga awal bulan Oktober 2016, dengan jumlah responden lebih dari 400 merek franchise dan startup business.

Hawa Gym Sukses Meraih Penghargaan Market Leader

franchise-market-leader-start-up-bussiness-market-leader-award-2016Dalam kesempatan ini, Hawa Gym dinobatkan untuk mendapatkan penghargaan sebagai Market Leader untuk kategori pusat kebugaran (fitness). Hal ini merupakan suatu kebanggaan yang sangat besar mengingat “market leader” merupakan pencapaian tertinggi sebuah merek usaha. Hawa Gym sendiri merupakan unit bisnis dari Master Group Indonesia dibawah holding PT. Semangat Pagi Indonesia yang bergerak dari hulu ke hilir tentang kesehatan dan kebugaran mulai dari produksi, penjualan alat fitness, menyediakan jasa kebugaran, hingga merchandise kebugaran dengan brand Hawa Gym, Adam Gym, Master Gym, dan Master Fitness.

Bapak Mardi Soemitro selaku CEO Hawa Gym pasca penyerahaan penghargaan ini menyampaikan rasa bahagianya. Beliau menyampaikan bahwa penghargaan Market Leader yang diberikan kepada hawa gym ini merupakan suatu kebanggan bagi dirinya dan perusahaan. “Alhamdulillah ini adalah pencapaian yang luar biasa setelah kerja keras panjang yang kami lakukan bersama team yang luar biasa. Dengan diberikannya penghargaan ini kepada kami akan menjadikan motivasi kami untuk senantiasa terus bergerak maju dalam menjaga posisi dan eksistensi dengan selalu memberikan layanan yang terbaik kepada seluruh member Hawa Gym. Dengan semangat, kerja keras, serta komitmen yang kuat kami sangat optimis untuk mampu mewujudkan mimpi kami untuk terus expand dan membuka 1000 cabang di tahun 2025.”

franchise-market-leader-start-up-bussiness-market-leader-award-2