Di Gym, ada banyak sekali alat-alat fitness. Setiap alat fitness memiliki fungsi dan cara pemakaian yang berbeda-beda. Salah satu alat fitness yang pasti ada di kebanyakan gym pada umumnya adalah Treadmill. Selain itu, treadmill juga merupakan salah satu alat dan latihan favorit baik oleh pemula ataupun profesional. Lalu, apakah sebenarnya fungsi dari treadmill dan bagaimana cara menggunakan treadmill ? Jika Anda tertarik untuk menggunakan treadmill, sebaiknya perhatikan dahulu pembahasan di bawah ini.

Apa Itu Treadmill ?treadmil-elektrik-cara-mengunakan-treadmill-dengan-benar-hawagym

Sebelum mengetahui cara menggunakan treadmill, sebaiknya kita bahas dulu pengertian tentang treadmill. Treadmill adalah salah satu alat fitness yang berfungsi untuk latihan kaki. Cara kerjanya adalah dengan berjalan atau lari diatasnya. Alat ini sangat mudah digunakan dan menyenangkan, karena kita bisa mengatur kecepatannya sendiri, dari mulai pelan, sedang, hingga cepat. Jika kecepatannya pelan, Anda bisa berjalan diatasnya, tetapi jika Anda ingin berlari, Anda bisa menambah kecepatannya. Itulah gambaran umum cara penggunakan treadmill.

Apa Saja Fungsi Treadmill ?

Selain cara menggunakan treadmill, Anda juga perlu mengetahui apa saja fungsi dari alat fitness ini. Biasanya, treadmill hanya digunakan untuk pemanasan dan pendinginan yang paling menyenangkan. Dari segi manfaat, treadmill bekerja untuk melatih otot kaki seperti paha, betis, hingga jari-jemari. Treadmill sangat cocok juga untuk tujuan penurunan berat badan karena termasuk latihan kardio sehingga efektif untuk membakar lemak. Dengan banyaknya manfaat pada alat ini, Anda harus mengetahui cara latihan treadmill dengan benar.

Bagaimana Cara Menggunakan Treadmill ?

Setelah mengetahui pengertian dan fungsinya, mari kita perhatikan cara menggunakan treadmill. Untuk menggunakan treadmill, Anda harus melakukan pemanasan, kemudian mengatur kecepatannya dan posisi kaki berada pada papan di samping treadmill. Kemudian, Anda atur kecepatannya secara perlahan dahulu, dan Anda bisa menaiki treadmill pada running belt yang sedang berjalan. Setelah beberapa menit, naikkan kecepatannya menjadi sedang, dan kemudian naikkan kecepatannya menjadi cepat. Setiap treadmill memiliki kecepatan maksimal yang berbeda-beda. Jadi, jika Anda ingin kecepatan yang lebih, lihat dulu berapa kecepatan maksimalnya. Ini adalah salah satu tips latihan treadmill yang pertama.cara-menggunakan-treadmill-dengan-benar-tips-dari-hawagym-indonesia

Setelah itu, Anda juga bisa menaikkan derajat incline, yaitu salah satu fitur dari treadmill meskipun tidak semua treadmill memiliki fitur ini. Derajat incline dapat membuat landasan kaki pada treadmill sedikit menanjak sehingga menambah kekuatan otot kaki Anda. Misalnya, Anda cukup menggunakan derajat incline sekitar 3 derajat saja. Semakin tinggi derajatnya, akan semakin berat latihan Anda. Namun, hal ini bisa membuat Anda membakar lemak semakin lebih cepat. Selain itu, derajat incline juga sangat bermanfaat untuk menambah stamina. Jadi, jangan sia-siakan fitur dari treadmill yang sangat bermanfaat ini. Ini merupakan salah satu cara menggunakan treadmill yang sangat bermanfaat.

Treadmill biasanya juga digunakan untuk melakukan pemanasan sebelum latihan yang lebih berat. Akan tetapi, Anda juga tetap perlu melakukan pemanasan sebelum menggunakan treadmill. Salah satu pemanasan yang paling baik adalah dengan melakukan peregangan. Anda bisa memulai pemanasan peregangan dari tangan, ke leher, ke pinggang, hingga kaki. Pemanasan dapat membuat otot-otot menjadi tidak kaku. Jadi, resiko cidera saat latihan fitness lebih kecil termasuk saat melakukan latihan dengan menggunakan treadmill. Pemanasan sebelum menggunakan treadmill cukup dilakukan beberapa menit saja, sedangkan penggunaan treadmill yang ideal adalah sekitar 15 hingga 20 menit. Sekarang, apakah Anda sudah paham cara menggunakan treadmill dengan benar ? Selain Anda bisa berkunjung ke cabang Hawa Gym terdekat di kota Anda, untuk berlatih dan mempraktekkan cara penggunaan treadmill yang benar, Anda juga bisa memesan atau membeli alat treadmill di toko kami dan berolahraga secara rutin di rumah bersama dengan keluarga tercinta Anda.