Buat kamu yang belum memahami apa manfaat melakukan pemanasan sebelum fitness. Buat kebanyakan atlet, intensitas pemanasan dilakukan secara bertahap guna membantu tubuh mempersiapkan diri untuk latihan yang cukup berat.

Semakin berat dan rutin latihan, pemanasan pun semakin dibutuhkan. Pemanasan yang tepat akan membantu memperlancar aliran darah ke otot untuk mengurangi ketegangan otot atau kram, mengurangi risiko cedera. Kebanyakan orang hanya mengenal pemanasan sebagai peregangan untuk menghindari kram, namun sebenarnya masih banyak manfaat lainnya contohnya sebagai berikut :

145723_620

  • Memperlancar Peredaran Darah
Melakukan pemanasan juga dapat memperlancar peredaran darah sehingga suplai oksigen ke seluruh tubuh menjadi lancar dan lebih baik. Dengan suplai oksigen yang menjadi lebih baik maka performa fisik kita dalam fitness juga akan meningkat.
a
  • Meningkatkan Mental Dan Fokus

Pemanasan juga memiliki manfaat psikologis yang dapat meningkatkan mental dan fokus kita selama fitness. Pemanasan membuat fisik dan pikiran menjadi lebih rileks dan tenang sehingga ketegangan akan berkurang. Kondisi rileks ini membuat mental dan fokus kita lebih terjaga.

 a
  • Meningkatkan Proses Pendinginan Yang Efisien
Dengan melakukan pemanasan, mekanisme tubuh pun berjalan dengan lebih baik, termasuk dalam mengeluarkan keringat, sehingga mencegah tubuh terlalu cepat panas saat pertandingan, dan proses pendinginan setelah latihan atau bertanding juga lebih efisien.
 a
  • Agar Pembakaran Kalori Di Dalam Tubuh Lebih Optimal
Dengan melakukan pemanasan selama 5-10 menit membuat fitness inti yang dilakukan nantinya lebih maksimal manfaatnya, termasuk untuk memasimalkan proses membakar kalori di dalam tubuh. Hal ini cukup baik bagi orang yang ingin menurunkan berat badannya.
 a
  • Mengurangi Asam Laktat Pada Tubuh
Asam laktat adalah zat yang meningkat jika kita melakukan aktivitas fisik. Ketika kita berolahraga asam laktat akan meningkat yang dapat membahayakan tubuh kita. Jika terlalu banyak asam laktat dalam tubuh maka zat ini akan tertimbun di dalam darah dan otot. Pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah berolahraga dapat mengurangi kadar asam laktat tersebut di dalam tubuh kita sehingga resiko akibat kelebihan asam laktat dapat dikurangi.
 a
  • Mencegah Resiko Cidera
Fungsi pemanasan yang paling umum diketahui orang adalah mencegah resiko cidera. Ketika kita langsung berolahraga tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu maka kondisi otot-otot kita ketika itu sangat kaku. Otot yang kaku membuat otot tersebut menjadi tidak fleksibel dan tidak siap untuk melakukan gerakan-gerakan olahraga sehingga akan menimbulkan cidera seperti keseleo hingga otot yang robek. Tentu saja hal ini sangat berbahaya, karena itulah pemanasan menjadi sangat penting untuk dilakukan.
 a
  • Agar Tubuh Lebih Fleksibel Dan Elastis
Pemanasan sebelum fitness membantu tubuh dan otot agar menjadi lebih fleksibel dan elastis. Hal ini sangat penting untuk mencegah resiko kram otot atau masalah lainnya.