Siapa sih yang nggak tahu manfaat dari buah pisang? Yup, buah yang satu ini memang terkenal dengan ragam manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Tak hanya itu saja, ternyata buah ini juga bagus sekali untuk kita manfaatkan sebagai makanan diet. Mengapa efek diet pisang dapat se-dahsyat itu? Pisang merupakan buah kaya serat yang memiliki kandungan gizi tinggi dan merupakan sumber energi (karbohidrat) serta mineral. Mengkonsumsi pisang dapat membantu menurunkan berat badan dan proses detoksifikasi tubuh.

Bila kamu ingin berusaha menurunkan berat badan dengan cepat namun tak ingin repot dan ribet, maka diet pisang ini bisa jadi jawaban yang paling tepat. Selain caranya yang sangat mudah untuk dilakukan, buah pisang sangat mudah kamu temui dimana-mana! Nah, berikut adalah tips diet pisang yang bisa kamu coba!

Tips-Menyembuhkan-Keputihan-dengan-Pisang-480x275

Serat Pisang Dapat Mengenyangkan

Tahukah kamu, bahwa pisang merupakan salah satu buah yang mengandung serat tinggi? Ya, serat yang terkandung dalam buah pisang tidak mudah larut dalam air. Sehingga, konsumsi 2 buah pisang di setiap jam makan sudah pasti dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.
Selain efektif untuk menurunkan keinginan ngemil atau mengonsumsi makanan berat, pisang juga terbukti efektif dalam membersihkan usus dari zat-zat berbahaya serta ampuh untuk menurunkan risiko munculnya penyakit kardiovaskular.

Baik Untuk Sekresi Air Tubuh

Salah satu keluhan yang dirasa oleh mereka yang sedang berdiet adalah lambatnya proses sekresi air tubuh. Akibatnya, tubuh cenderung terlihat tetap gemuk walaupun diet sudah dipraktikkan.

Nah, jika kamu juga mengalami permasalahan ini, maka diet pisang bisa jadi pilihan yang dapat dicoba. Mengapa? Sebab Potasium dalam pisang terbukti dapat mencegah retensi air dalam tubuh sehingga akan mengurangi risiko bloating perut yang membuncit .

Kandungan Vitamin C Yang Dapat Membakar Lemak

Selain kaya akan serat, buah pisang juga tinggi akan kandungan vitamin C. Lalu, apa hubungannya dengan proses menurunkan berat badan? Menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition pada tahun 2005, vitamin C dalam pisang terbukti efektif untuk memacu proses pembakaran lemak. Jadi, masih ragu untuk mencoba diet pisang?

Rendah Kalori Dan Rendah Lemak

Mungkin banyak di antara kamu yang berpikir bahwa diet pisang bukanlah pilihan yang tepat sebab kalori dalam buah kuning ini terlalu tinggi. Benarkah seperti itu? Salah!
Meskipun kalori dalam pisang memang tergolong tinggi jika dibandingkan dengan buah lain, namun untuk buah yang berukuran sedang, kalori yang terkandung di dalamnya hanyalah sebesar 92 kalori saja.
Lebih lanjut, dalam satu buah pisang, hanya terkandung lemak sebesar 0.5 gram saja. Jadi daripada mengonsumsi keripik sebagai snack atau menu kudapan, ada baiknya kamu mulai membiasakan mengonsumsi 1-2 buah pisang. Dijamin kenyang!

Pisang Memacu Proses Pembentukan Otot

Terakhir, jarang yang mengetahui bahwa pisang merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan magnesium. Nah, senyawa inilah yang dipercaya oleh para ahli mampu meningkatkan kontraksi otot serta mempercepat pertumbuhan otot.

Berikut Cara Melakukan Diet Pisang:

  • Sarapan pagi dengan pisang sebanyak 1-2 buah dan dua gelas air putih.
  • Untuk makan siang 30 menit sebelum makan siang, makanlah satu buah pisang terlebih dahulu. Tujuannya memang tak jauh berbeda saat sarapan, yakni agar perut merasa kenyang terlebih dahulu sehingga kita tidak akan tergoda makan dan nyemil yang macam-macam lagi. Bisa mengkonsumsi apa saja asalkan menghindari makanan yang banyak mengandung minyak dan berkalori tinggi.
  • Sebagai cemilan, kamu dapat mengkonsumsi ½ -1 buah pisang saat benar-benar lapar atau sedang ingin ngemil. Apakah kamu memiliki kebiasaan nyemil di sore hari? Nah, jika selama ini kamu suka nyemil snack-snack ringan yang biasa dibeli di mini market, sekarang gantilah cemilanmu itu dengan buah pisang segar. Buah pisang merupakan camilan sehat yang dapat mengenyangkan perut sekaligus menurunkan berat badan.
  • Untuk makan malam, bisa mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang dan jangan sampai lewat dari jam 8 malam. Sebelum menyantap menu makanan dietmu di malam hari, makanlah terlebih dahulu satu buah pisang segar. Satu buah pisang ini sudah cukup mengganjal perutmu dan menjagamu untuk tidak kalap mengkonsumsi makan malam yang berlebihan.
  • Hindari ice cream, produk susu, alkohol, dessert setelah makan malam dan semua minuman dingin dan manis.
  • Buah pisang yang dikonsumsi adalah buah pisang dengan suhu ruangan, bukan pisang yang disimpan di dalam kulkas atau di goreng.
  • Waktu makan sebaiknya dimulai dari jam 9 pagi – 8 malam saja. Selain waktu tersebut sebaiknya hanya minum air putih.

Itu tadi penjelasan lengkap mengapa diet pisang bisa menjadi alternatif yang dapat Kamu coba demi mendapatkan tubuh yang tidak hanya enak dilihat, namun juga sehat. Perlu kamu pahami, diet pisang tidak serta merta membuat badanmu jadi langsing, melainkan pisang dapat memperlancar metabolisme pada tubuh sehingga berat badan jadi lebih terkontrol dan lemak jadi mudah terbakar.

Langsing itu dengan keringat bukan dengan obat ya. Mulailah hidup sehat dan dapatkan tubuh idealmu.