Hai girl, kami pernah mendapatkan keluhan dari seorang teman yang mengatakan bahwa dia mengalami kenaikan berat badan kembali setelah mengalami penurunan beberapa waktu ke belakang. Dari kenyataan tersebut, teman saya langsung beralih ke program diet keliru yang hanya menjadikan penurunan berat badan sebagai tujuan utamanya.

Padahal, masalah berat badan itu memang tidak akan selamanya statis. Setiap waktu pasti ada kenaikan dan penurunan. Namun, pada kasusnya memang penurunan akan terasa lebih sulit daripada kenaikan. Oleh karenanya, jika Anda merasa sehat saat menjalankan program diet, maka teruskanlah program tersebut walaupun pada suatu ketika Anda mengalami kenaikan berat badan, karena nantinya juga apabila tubuh Anda bermetabolisme dengan baik, memiliki fungsi dan kinerja yang prima, maka tinggal lakukan sedikit olahraga untuk membakar kalori dan lemak yang tertimbun dalam tubuh.

Kebanyakan wanita rela melakukan cara apapun untuk mendapatkan tubuh yang ramping. Namun tanpa sadar mereka melakukan diet yang salah, yang justru tidak membuat langsing, tapi malah banyak makan. Nah, berikut kesalahan diet yang wajib dihindari :

Alasan-kegagalan-diet

Berlapar-Lapar

Jika banyak makan dapat menambah berat badan, maka dengan porsi makanan yang sedikit bisa menurunkan berat badan. Bila rasa lapar sudah terasa, kita akan berusaha menahan rasa lapar kemudian menunda makan. Padahal menahan lapar membuat metabolisme tubuh seseorang menurun, sehingga pembakaran lemak menjadi terhambat, merasa loyo dan kurang fit sehari-harinya karena hal tersebut juga dapat menyebabkan energi anda menurun. Lapar juga merupakan sinyal bahwa perut sedang kosong dan gula darah telah menipis sementara otak membutuhkannya. Jika diteruskan, akan menyebabkan seseorang merasa pusing. Seperti halnya dengan orang-orang yang hanya 1 atau 2 kali makan seharinya dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. Yang dianjurkan adalah makan 5 sampai 6 kali sehari, 3 kali untuk makan normal, dan 3 makanan ringan untuk memacu metabolisme.

Tidak Sarapan

Jika pikiran Anda tidak sarapan dapat membuat tubuh langsing, itu salah. Menunda sarapan hingga perut merasa benar-benar lapar akan membuat napsu makan semakin besar ketika makan siang. Padahal sarapan merupakan waktu makan yang sangat penting bagi tubuh seseorang. Saat Anda tidur selama 8 jam tanpa nutrisi, tubuh kita sangat butuh asupan nutrisi di waktu sarapan tersebut, juga sebagai kebutuhan energi kita untuk menghadapi kegiatan kita sehari-harinya. Dengan melewatkan waktu sarapan menyebabkan tubuh kita katabolik di mana tubuh akan berusaha memenuhi kebutuhan energi dengan mengambilnya dari otot.

Enggan Makan Malam

Memang benar saat kita tidur, tubuh tidak membutuhkan kalori sebanyak saat tubuh kita aktif, terutama karbohidrat. Akan tetapi, tubuh sangat membutuhkan protein pada saat Anda tidur, karena inilah waktu dimana hormon pertumbuhan bekerja, memperbaiki kerusakan sel-sel dalam tubuh dan peran protein sangat penting di sini. Konsumsi protein harus dipastikan cukup saat makan malam. Disarankan mengkonsumsi protein sekitar 2 sampai 3 jam sebelum tidur

Kurang Protein, Sayur, dan Buah

Mengurangi asupan makan saat diet, bukan berarti mengurangi protein dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein, sayur, dan buah tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, juga dapat membuat kulit lebih sehat dan bersinar.

Tidak Makan Setelah Berolahraga

Menurut sebagian orang, olahraga menjadi sia-sia jika makan setelah berolahraga. Padahal setelah berolahraga dan Anda makan merupakan salah satu makan penting bagi tubuh. Anda bisa bayangkan setelah Anda menghancurkan dinding tembok rumah (olahraga) lalu Anda  sewa tukang untuk memperbaikinya, namun saat tukang datang Anda tidak menyiapkan semen dan bata (tidak makan). Apa jadinya? Lama-kelamaan tubuh bisa menjadi rusak. Sangat dianjurkan untuk minum karbohidrat dan protein sekitar 15 menit setelah berolahraga, untuk makanan berat waktunya  1 jam setelah latihan untuk memenuhi kebutuhan tubuh setelah berolahraga.

Kurang Minum Air Putih

Kurang minum air putih juga dapat menyebabkan tubuh menahan banyak air dalam tubuh sehingga menjadi bobot berat tambahan. Selain itu, saat tubuh kekurangan air maka pencernaan dan metabolisme nutrisi tidak lancar. Jadi, dianjurkan agar Anda minum air putih 2 sampai 3 liter perharinya.

Malas Olahraga

Ketika awal niat berdiet, rasanya ingin mencoba semua olahraga. Namun karena tidak terbiasa dan olahraga yang dijalani terlalu keras, maka akhirnya kegiatan olahraga berhenti karena kamu merasa kelelahan. Lebih baik mulai olahraga untuk diet dengan fitness beberapa menit atau kamu bisa melakukan zumba, zumba juga termasuk olahraga yang menyenangkan
 a
Nah, setelah memahami kesalahan-kesalahan fatal di atas yang justru sering diterapkan dalam pola diet, coba Anda tanya diri Anda sendiri. Apakah Anda menerapkan 1 atau lebih diantara kesalahan fatal dalam diet ini? Jika tidak, itu artinya jalur Anda sudah benar. Dan jika ya, sebaiknya Anda segera membenahinya. dan disini akan di tekankan begitu pentingnya jika Anda melakukan fitness, luangkan waktumu beberapa jam saja untuk gym ke Hawa Gym.  SEMANGAT!!! Orang lain bisa kenapa Anda tidak!