Kesibukan yang cukup padat di kantor kerap membuat orang tidak terlalu memerhatikan kesehatan dan berat badan. Belum lagi tawaran untuk makan enak di luar bersama teman, jinjingan kue-kue dan camilan serta makanan yang serba praktis akan membuat tubuh semakin menggemuk.

Salah satu efek dari gaya hidup yang pasif semacam ini adalah menimbunnya lemak di tubuh. Kamu jelas gak ingin hal ini terjadi kan? Yuk, simak ulasan-ulasan mengatasinya berikut ini agar berat badan tidak naik!

hipwee

Jangan Lupa Sarapan

Sarapan sangat penting untuk meningkatkan energi agar bisa maksimal beraktivitas di pagi menjelang siang. Selain itu sarapan juga meningkatkan kecerdasan, tidak cepat merasa lelah dan mengurangi keinginan untuk ngemil berlebihan di sela-sela jam makan. Sarapan yang baik harus mengandung karbohidrat, protein, serat dan lemak sehat.

Hindari Minuman Manis

Gemar menyetok minuman manis di atas meja kerja? Sebaiknya ganti deh kebiasaan ini, sebab minuman manis yang kamu konsumsi bisa menyelundupkan kalori yang tak sedikit jumlahnya ke dalam tubuhmu. Alhasil, lemak di perut pun semakin menumpuk.

Tak hanya itu, berbagai masalah kesehatan seperti kerusakan gigi, jantung, serta sistem pencernaan bisa mengintai kamu, lho. Daripada mengkonsumsi kopi, teh manis, atau minuman energi, lebih baik ganti dengan air putih. Air putih tak cuma mengandung nol kalori, tapi juga mampu merehidrasi tubuhmu dengan optimal sepanjang hari.

Bawa Cemilan Sehat dari Rumah

Kantor-kantor biasanya menyediakan cemilan yang bisa kamu ambil sendiri di pantry. Tapi, cemilan yang disediakan bagi karyawan biasanya cemilan kemasan yang tinggi kalori dan kadar garamnya. Keseringan ngemil kudapan ini jelas gak bagus buat tubuhmu.

Biar asupan kalorimu tetap terkontrol, lebih baik buat sendiri kudapan yang sehat dan kaya nutrisi, misalnya buah-buahan atau telur rebus. Kalau gak benar-benar perlu, gak usah dekat-dekat pantry biar gak tergoda!

Bawa Bekal Untuk Makan Siang

Sama halnya dengan cemilan, makan siang juga butuh perlakuan yang sama. Daripada repot mencari makan siang di sekitar kantor yang kadang kurang jelas gizinya, jangan malas untuk menyiapkan bekal sebelum berangkat ke kantor. Bekal buatanmu jelas lebih bergizi dan kalorinya pun terkendali.

Selipkan Olahraga

Agar dampak buruk duduk terlalu lama bisa kamu hindari, tubuh yang selalu aktif adalah kuncinya. Jangan ragu untuk menyelipkan aktivitas fisik di luar kantor. pergilah ke tempat gym lakukan gerakan zumba atau ambil alat yang tidak begitu berat, karena tubuh kita sangat butuh olahraga.

Yuk, mulai ubah kebiasaan yang kurang baik di belakang meja dengan kebiasaan yang lebih sehat. Sibuk itu bukan alasan untuk mengabaikan kesehatan kan? Jadi cari saja Hawa Gym terdekat kantor atau rumah kamu.