Haloo ladies apa kabar hari ini? Makanan dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Namun, seringkali nafsu makan kita sulit terkendali. Stres, asupan nutrisi yang rendah, atau kelelahan bisa jadi salah satu faktor yang bikin kamu gampang lapar. Padahal, konsumsi makanan yang berlebihan akan berakibat buruk bagi tubuh. Obesitas, tekanan darah tinggi, atau bahkan serangan jantung bisa menghampiri kalau kita tak menerapkan pola makan yang baik.

Well, jangan khawatir. Rasa lapar bisa dikendalikan dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Berikut adalah beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengendalikan rasa lapar saat melakukan diet, di artikel ini akan membahas tentang cara mengendalikan rasa lapar yang berlebihan. Berikut ini adalah tips sederhana yang bisa Anda lakukan agar bisa mengendalikan rasa lapar :

awas-ini-8-efek-samping-menahan-lapar-53psmLM9Df

Ketika Merasa Lapar, Segera Alihkan Perhatianmu

Hal pertama yang harus dilakukan ketika rasa lapar menyerang adalah mengalihkan perhatianmu. Yup, jangan cuma terpaku pada rasa laparmu, tapi berusahalah untuk melakukan aktivitas lain. Kamu bisa mendengarkan musik, mengobrol dengan teman, atau membaca buku.

Menegaskan bahwa belum tentu apa yang kamu rasakan adalah rasa lapar yang sesungguhnya. Rasa lapar yang disebabkan oleh stres atau frustasi sebenarnya sekedar “keinginan buta”. Biasanya, rasa itu hanya akan berlangsung selama 10 menit. Kalau rasa ini menyerangmu, ingatlah kamu harus sabar-sabar dulu.

Jangan Duduk Terlalu Lama

Orang yang duduk lama pasti akan ditemani camilan atau makanan ringan. Hal itu dikarenakan rasa bosan saat duduk terlalu lama. Maka jangan duduk terlalu lama, dengan demikian rasa lapar pun bisa terhindar.

Berhenti Belanja Camilan. Kulkasmu Harus Sudah ‘Bersih’

Terkadang cara-cara ekstrem juga perlu dilakukan. Kamu harus bisa menahan diri buat nggak membeli permen, cokelat, atau es krim ketika belanja bulanan di supermarket. Kamu juga harus mulai membersihkan kulkas atau lemari dapur.

Pastikan kalau kamu nggak menyimpan makanan-makanan yang bisa sewaktu-waktu membuatmu tergoda. Hmm… Hati-hati juga ya kalau lewat toko roti atau gerai es krim!

Tidur Pada Waktu Yang Benar

Tidur tepat waktu merupakan bagian dari tips untuk mengendalikan rasa lapar. Jika sering begadang dan tidur selalu pada waktu yang tidak tepat, maka perut akan sering mengalami rasa lapar. Apalagi jika terbangun tengah malam, maka godaan untuk makan mie instan biasanya akan selalu datang menghampiri. Maka sebaiknya anda harus tidur tepat waktu dengan waktu tidur yang cukup, karena kurang tidur dan kelebihan waktu tidur pun bisa menyebabkan rasa lapar tak terkendali.

Olahraga Yang Cukup

Olahraga itu sangat penting bagi tubuh dan dengan kamu meluangkan waktu mu untuk olahraga berbagai macam manfaat tidak hanya untuk diet atau mengecilkan badan saja. supaya pikiran tidak stres, karena pikiran yang stres akan mengakibatkan pola makan kita tidak teratur dan nafsu makan akan meningkat.

Nah, itu tadi tips-tips yang bisa kamu terapkan supaya nggak gampang jadi lapar. Sudah mau jam makan siang, nih. Mau makan apa kamu siang ini? Tetap jaga porsi makanmu dan kontrol apa yang mau di makan ya. Ingat satu lagi yang tidak boleh dilupakan adalah luangkan waktumu untuk olahraga fitness. Hawa Gym solusi tempat yang cocok untuk para pejuang orang hidup sehat.