Olahraga yang menguras tenaga dan otot seperti fitness rutin dilakukan menjadi menu wajib sehari-hari agar berat badan tetap terjaga. Untuk menurunkan berat badan sebenarnya memang memiliki ragam cara yang semuanya efektif asalkan konsisten dalam melakukannya.

Sebagai bagian dari olahraga, yoga pun dipercaya mampu menurunkan berat badan dengan cara yang lebih cepat. Meski kalori yang terbakar saat lari tidaklah sama dibanding yoga, namun senam yang berpusat pada pikiran dan pengolahan jiwa ini mampu menjaga bentuk tubuh secara ideal melalui latihan konsentrasi. Mengapa demikian? Sebab dengan rutin berlatih, secara otomatis mereka pun akan memperbaiki pola makannya. Apalagi yoga juga bisa membantu seseorang menurunkan tingkat gangguan psikologis seperti stress, depresi atau kejenuhan. Sebagian orang yang tertekan jiwanya, baik karena pekerjaan, urusan keluarga, bisnis atau lainnya, cenderung melakukan kompensasi berupa konsumsi makanan secara berlebihan. Biasa melakukan yoga berarti terbiasa juga dalam mengelola pikiran sehingga terhindar dari stress.

c700x420

Cara-Cara Melakukan Yoga Agar Manfaatnya Lebih Terasa

  • Ketahui bermacam-macam postur atau gerakan-gerakan yoga yang memberi sensasi merelaksasi dan menguatkan otot-otot anggota badan. Melakukan gerakan yoga tidak mudah. Maka dari itu, hargai usaha diri sendiri dan berikan pujian terhadap pencapaian yang telah dicapai hari ini.
  • Tidak hanya menggerakkan tubuh, tetapi upayakan untuk mengembangkan kualitas diri sendiri dalam melatih kesabaran, disiplin, kebijakan, kemurahan hati, dan rasa bersyukur. Coba tantang tubuh untuk melakukan gerakan hingga batas maksimal tanpa membuat tubuh kewalahan. Lakukan gerakan-gerakan ini sambil membuka pikiran dan penuh ketenangan.
  • Kembangkan latihan yoga dengan melihat contoh yang tepat melalui tatap muka dengan instruktur
  • Ingat frekuensi dan intensitas latihan yang rutin akan membuatmu makin terbiasa sehingga meraup manfaatnya juga lebih mudah.
  • Usaha yoga pantang menyerah yang Anda lakukan akan membuahkan hasil. Menyadari hal ini tidak hanya menginspirasi diri sendiri tetapi juga orang lain seiring dengan selarasnya Anda dan tubuh Anda. Berikan waktu istirahat ketika tubuhmu mulai terasa lelah.

Yoga untuk Menurunkan Berat Badan? Ini Fakta-faktanya

Sejumlah peneliti memercayai manfaat yoga untuk menurunkan berat badan karena olahraga ini mampu mengecilkan bagian tubuh yang berlemak. Yoga menerapkan latihan yang mengombinasikan postur tubuh dan gerakan-gerakan tertentu. Gerakan-gerakan ini umumnya berupa peregangan dan penguatan otot-otot organ tubuh melalui meditasi relaksasi serta mengatur pernapasan. Banyaknya kalori di dalam tubuh yang hilang akan bergantung kepada frekuensi dan intensitas gerakan-gerakan yoga yang dilakukan.

Walau demikian, gerakan yoga yang berat sekalipun tidak dapat menandingi latihan aerobik dalam membakar lebih banyak kalori di dalam tubuh. Pembakaran kalori ketika melakukan yoga tergolong lebih sedikit dibandingkan aktivitas lain, seperti berjalan kaki, berlari, atau berenang. Sebagai contoh, orang yang memiliki berat badan 65 kg akan membakar 65 kalori dalam melakukan gerakan yoga ringan selama satu jam. Sedangkan berjalan kaki cepat selama satu jam akan membakar 311 kalori. Maka dari itu, Anda disarankan untuk memilih metode dan frekuensi latihan sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh.