Pinggang adalah bagian tubuh yang memberikan kesan tersendiri bagi bentuk tubuh seseorang, baik pria maupun wanita. Seseorang dikatakan memiliki bentuk tubuh atletis sering kali dilihat dari postur tubuh yang ideal termasuk pinggangnya. Bagi kaum hawa memiliki pinggang yang ideal adalah suatu kelebihan tersendiri. Pinggang yang ideal sangat memberikan nilai tambah bagi penampilan kaum wanita.

Pinggang adalah bagian tubuh manusia yang berada diantara perut dan pinggul. Ukuran pinggang ini menentukan apakah orang itu mengalami obesitas (kegemukan) atau tidak. Ukuran pinggang seseorang berbeda-beda menurut besar kecilnya postur tubuh seseorang.

Smith Machine Squat

candace-squat-collage2

Sikap awal: Untuk memulainya, pikullah bar pada smith machine dengan menempatkannya secara horizontal tepat diatas pundak. Kemudian atur jarak kedua telapak kaki Anda selebar bahu dengan postur dada sedikit membusung.

Sikap akhir: Selanjutnya ambil nafas dan turunkan pinggul Anda dengan posisi tekukan kaki tidak terlalu miring ke depan. Lalu buanglah nafas dan tegakkan kembali tubuh Anda. Lakukan gerakan ini sebanyak 3 set 12 – 15 reps.

Leg Press

where-should-i-place-my-feet-on-the-leg-press-header-v2-830x467

Sikap awal: Melangkah gerakan selanjutnya, rebahkan tubuh Anda pada leg press. Lalu tempatkan kedua kaki Anda pada step leg press, kemudian dorong.

Sikap akhir: Agar mendapatkan kontraksi yang diiinginkan, tekuklah kaki Anda secara perlahan sambil menghirup nafas, kemudian dorong kembali seperti semula. Lakukanlah pada sisi kaki kanan maupun kiri secara bergantian sebanyak 3 set 12 repetisi dengan beban yang sesuai.

Leg Lift

Mermaid-Crunch_ALL

Cara melakukan: Berbaringlah pada sisi kiri tubuh Anda di handuk atau tikar. Anda harus mencoba untuk menopang badan dan kaki hanya dengan lengan bawah dan kaki Anda, sehingga siku kiri Anda terletak di bawah bahu kiri, dan tekuk pergelangan kaki 90 derajat. Lengan bawah Anda harus rata dengan tanah. Taruh kaki kanan Anda di atas kaki kiri, dan lakukan kontraksi otot perut Anda pada saat Anda tekan lengan dan kaki kiri ke bawah untuk mengangkat badan dari tanah. Bernapas merata, dan jagalah tubuh Anda dalam garis lurus dari bahu Anda ke pergelangan kaki. Berusahalah untuk menahan selama beberapa detik sebelum melepaskannya.

Sit uppushups
Sit up adalah gerakan baring duduk yang dilakukan berulang-ulang, bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan untuk memegang kaki agar tidak terangkat ke atas, atau tanpa kaki di pegang bila anda mampu melakukannya sendiri. Gerakan awalannya adalah berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan telapak kaki datar menempel di lantai. Tempelkan kedua tangan anda pada kedua telinga. Ketika Anda berbaring, kencangkan otot perut dan naikkan tubuh bagian atas Anda dari perut. Tahan dua detik dan turunkan kembali ke bawah. Ambil nafas ketika badan Anda turun dan buang nafas ketika badan Anda naik. Ulangi untuk beberapa kali. Latihan perut paling efektif dilakukan tiga kali seminggu