Bagi Anda yang melakukan latihan beban untuk membentuk tubuh, pernapasan merupakan bagian yang sering terlupakan. Akibatnya bisa fatal jika Anda mengabaikan faktor ini. Bagian terpenting dari latihan olahraga dan relaksasi adalah teknik bernafas yang tepat. Jika sistem otot pernafasan kuat, maka Anda akan mampu menyedot lebih banyak oksigen dalam setiap nafas Anda. Semakin banyak oksigen yang masuk ke badan, semakin bagus untuk proses produksi energi dan pemulihan pasca latihan. Jadi jelas sudah, teknik bernafas Anda akan menentukan perbedaan pada latihan Anda, dibandingkan mereka yang asal bernafas saja.

Nah, mengapa bernafas aja sampai harus diatur pada gerakan tertentu? Memangnya nggak boleh bernafas biasa saja?

1038432620X310
Pada latihan yang menggunakan beban, cara kita bernafas akan sangat berpengaruh pada keseluruhan latihan. Yuk kita lihat apa saja pengaruh pernafasan dengan latihan beban, dan teknik pernafasan yang kayak gimana yang mengoptimalkan latihanmu.

Intinya adalah, ambil nafas ketika posisi otot sedang rileks (saat beban turun/melepas beban) dan keluarkan nafas saat saat otot sedang kontraksi (mendorong/menarik beban), jangan tahan nafas sehingga membuat Anda mengejan (ngeden).

Contoh:

  • Ketika latihan bench press, ambil nafas ketika menurunkan beban, dan buang nafas saat mulai mengangkat beban.

Dengan berpatokan pada 2 instruksi itu, kamu akan mengingat lebih cepat, kapan harus menarik napas dan kapan harus menghembuskan napas.

Dengan menghembuskan nafas saat beban lebih berat, kamu akan dapat lebih mudah mengangkat beban itu. Coba saja kamu balik… Tarik nafas saat beban lebih berat, pasti kekuatanmu tak akan menyamai saat kamu menghembuskan nafas.

Mencegah hernia dan tekanan darah tinggi
Kalau kamu menahan nafas saat melakukan angkat beban, itu bisa berakibat fatal, seperti hernia atau tekanan darah melonjak tinggi. Menahan nafas juga bisa membuat suplai darah ke otak berkurang, dan meningkatkan tekanan pada daerah dadamu.

Mengoptimalkan pembakaran lemak
Melakukan teknik pernapasan yang benar saat latihan beban akan mengoptimalkan pembakaran lemak setelah latihan. Setelah latihan, tubuhmu akan membutuhkan oksigen untuk kembali ke kondisi seperti sebelum latihan. Konsumsi oksigen ini akan meningkatkan metabolismemu dan pembakaran lemak di tubuhmu.

Jadi… Mulai sekarang, jangan hanya angkat dan turunkan beban saja. Mulailah berlatih melakukan teknik pernafasan yang benar ya.

Gak sulit kok mengingatnya:

* Tarik nafas saat beban ringan.
* Hembuskan nafas saat beban berat.