Hindari kebiasaan malas berolahraga, karena bisa mengurangi kesehatan jantungmu. Jantung akan terasa lebih sehat jika kamu bisa melakukan aktifitas olahraga secara rutin. Nggak perlu waktu yang begitu lama untuk dilakukan agar jantungmu lebih sehat. Sempatkan waktumu, seminimal mungkin 10 menit sebelum beraktifitas, atau lebih baik lagi bisa dilakukan pukul 05.30, karena udaranya masih segar.

Pada umumnya, penyakit jantung akan banyak menyerang orang yang malas berolahraga. Penyakit jantung ini dinamakan penyakit jantung koroner, dimana penderita penyakit ini memiliki saluran darah arteri yang tersumbat dan menghambat aliran darah kembali ke jantung. Hal ini dapat menimbulkan kematian, jika tidak ditangani secara cepat dan tepat.

Mendengar fakta diatas, mungkin kamu akan merasa ketakutan ‘kan? Nggak usah khawatir, bagi kamu yang sedang sehat, dan khususnya bagi penderita penyakit jantung koroner, bisa melakukan tips dibawah ini agar jantungmu lebih sehat lagi.

  • Yoga

kelas-yoga-di-hawagym-indonesiaBanyak manfaat yang akan didapatkan dengan melakukan senam yoga. Yoga dapat memberikan efek tenang dan memperlancar kerja jantung dalam memompa darah. Yoga juga tidak kalah dengan aktifitas olahraga lainnya, selain dapat membentuk tubuh ideal, yoga juga dapat menghindarkan kamu dari berbagai penyakit lainnya atau komplikasi yang disebabkan oleh penyakit jantung koroner.

Jika kamu merasa bingung dimana cari tempat untuk senam yoga yang nyaman dan privasi, kamu bisa datang langsung ke Hawa Gym. Hawa Gym telah resmi membuka kelas yoga, beberapa tahun yang lalu. Nggak usah dibayangin deh, gimana sehatnya kalau kamu udah ikutan kelas yoga di Hawa Gym. Buktikan sendiri yuk!

 

  • Jogging

jogging-sehat-di-hawagym-indonesiaDengan melakukan jogging selama 30 menit (minimal) per hari atau rutin melakukannya, kamu akan mendapatkan manfaat seperti jalan kaki selama 60 menit. Namun, kamu jangan memaksakan diri untuk melakukannya jika kondisi tubuhmu sedang kurang sehat, karena jogging menguras tenaga yang banyak dan ini tidak baik untuk kesehatan jantungmu. Kamu juga tidak perlu khawatir jika kamu sudah mengetahui batasan pada tubuhmu, karena hal ini akan memberikan dampak yang signifikan pada kesehatan jantungmu.

Jogging tidak hanya bisa dilakukan di luar ruangan, komplek rumah, lapangan, ataupun di taman. Kamu juga bisa melakukan jogging diatas Treadmill, jika waktumu singkat dan kondisi tidak bisa dilakukan diluar ruangan (misalkan : hujan). Tapi, sesekali saat kondisi sedang baik, kamu bisa jogging diluar ruangan di pagi hari.

 

  • Bersepeda

bersepeda-bisa-menjadi-lebih-sehatDari jenis-jenis aktifitas olahraga, bersepeda merupakan aktifitas yang paling baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Selain memberikan manfaat untuk memperlancar aliran darah, manfaat lainnya adalah membuat dinding pada jantung menjadi lebih tebal dan membuat jantung lebih sehat lagi.

Kamu bisa bersepeda bersama keluarga setiap paginya secara rutin, atau lakukan di momen yang pas saat Car Free Day. Jika kamu sedang bersepeda sendirian, dan belum sempat bersama keluarga, sebaiknya kamu lakukan di dalam gym saja dengan menggunakan sepeda statis (aktifitas rutin ini dinamakan cardio). Kamu nggak akan sendirian, karena akan dibimbing oleh instruktur yang sudah berpengalaman di bidangnya, dan kamu mendapatkan teman-teman baru, bisa share seputar latihan dengan mereka.

Ayo gabung sekarang juga, dan jadilah member terbaik yang memberikan inspirasi dan motivasi kepada masyarakat Indonesia. Jadilah pelopor kesehatan jantung, dengan ikut mengedukasi masyarakat tentang pentingnya hidup sehat. Ayo hidup sehat sekarang juga.

 

  • Push Up

pushup-hawagym-indonesiaKebanyakan pria akan senang jika melakukan push up, karena bisa membuat massa otot lebih kuat dan dapat membentuk tubuh yang lebih atletis. Tapi, ternyata dengan melakukan push up, jantungmu juga akan lebih sehat lagi. Ketika kamu sedang melakukan push up, jantungmu akan bekerja 2 kali lebih cepat dari sebelumnya. Hal ini berguna untuk memompa aliran darah agar lebih kuat, sehingga kotoran-kotoran yang disebakan oleh kolesterol pada bagian saluran darah arteri akan bersih dan dialiri oleh darah dengan normal kembali.

Push up dapat dilakukan setiap pagi dengan 25-50 hitungan. Segera hentikan jika kamu sudah merasa kelelahan. Tubuh yang dipaksa untuk terus melakukannya, karena akan berakibat buruk bagi kesehatan jantung jika terlalu berlebihan melakukannya.

 

  • Sit Up

situp-hawagym-indonesiaOlahraga lainnya yang cukup menguras tenaga adalah sit up. Ketahuilah, banyaknya kalori yang terbakar dengan melakukan sit up selama 10 menit mencapai hingga 500 kalori yang terbakar. Angka yang cukup fantastis. Namun tidak hanya sebatas itu saja, dengan melakukan sit up kamu juga dapat menurunkan kadar lemak yang menjadi salah satu biang tersumbatnya aliran darah, sehingga mengakibatkan penyakit jantung koroner.

Sama halnya dengan push up, kamu bisa melakukannya secara rutin di pagi hari, dan hentikan jika kamu sudah merasa kelelahan. Selain kamu bisa melakukan secara manual tanpa alat, kamu juga bisa melakukannya di tempat fitness dengan alat yang lengkap untuk kamu bisa melakukan sit up.

 

Cintai kesehatan jantungmu, karena mencegah lebih baik dibandingkan mengobati. Bayangkan saja, kamu harus membayar mahal jika kondisi tubuh sedang tidak fit untuk kembali sehat. Konsultasikan program latihan yang sedang kamu jalani kepada instruktur kami yang ada di Hawa Gym.