Buah yang satu ini lagi booming di akhir tahun 2017 hingga awal tahun 2018 karena viral dengan olahan rujak rambutan. Paling dicari-cari netizen dan ternyata buah rambutan ini banyak memiliki manfaat untuk kesehatan.

Bagi orang awam, buah rambutan ini memiliki kandungan vitamin A & C, Zat Besi, Karbohidrat, dan Tembaga yang berpengaruh untuk kesehatan. Tapi, lebih detailnya kamu harus baca informasi jelasnya dibawah ini ya.

manfaat-rambutan-untuk-kesehatan-hawagym-indonesia-1

1. Penunjang Program Diet

Selain rasanya yang lezat, buah ini adalah salah satu menu diet andalan. Buah ini mampu menjaga imunitas tubuh, dan dengan kandungan vitamin C-nya dapat berperan menjadi antioksidan dan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah dan sakit. Baik juga untuk menyehatkan sistem pencernaan yang merupakan kunci utama keberhasilan program diet.

Mampu meningkatkan energi dalam tubuh saat melakukan program diet, dengan mengubah lemak menjadi energi. Selain itu, ternyata buah yang satu ini juga bisa mencegah penyakit maag, karena didalam buah rambutan terdapat zat yang mampu mengatur asam lambung.

 

2. Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot

Ketika sedang hamil banyak yang mengeluhkan gangguan pada otot dan tulang pinggang. Maka, untuk menjaganya bisa dengan mengonsumsi buah rambutan ini. Kandungan fosfor dan kalsium pada buah rambutan ini sangat baik untuk pembentukan tulang pada janin dan menjaga kesehatan tulang dan otot ibunya.

Selain itu, bagi kamu yang sedang merasakan sakit pinggang, kamu bisa menggunakan biji dari buah rambutan ini untuk diolah menjadi minuman. Senyawa yang terkandung dalam buah rambutan ini adalah senyawa flavonoid dan methanol yang dapat membantu meredakan rasa sakit pada bagian pinggang.

 

3. Mengobati Diabetes & Sariawan

Selain bijinya bermanfaat untuk meredakan rasa sakit pada bagian pinggang, olahan minuman dari biji buah rambutan ini juga mampu mengobati penyakit diabetes. Selain untuk diabetes, manfaat dari air rebusan biji buah rambutan ini dapat untuk mengobati sariawan.

Kamu bisa mengolahnya dengan cara : cuci bersih biji rambutan, kemudian sangrai tanpa minyak dan dengan api yang sangat kecil. Tumbuk biji rambutan yang telah di sangrai, kemudian serbuknya seduh dengan air panas. Minumlah selagi masih hangat.

 

4. Menurunkan Kolesterol

Rata-rata dikalangan usia lanjut, akan mengalami permasalahan pada kolesterol. Pola makan yang tidak teratur serta sering mengonsumsi makanan berlemak bisa menyebabkan kolesterol. Karena itu, bagi yang sudah usia lanjut bisa mengonsumsi buah ini, karena buah ini mengandung flavonoid yang berfungsi untuk menurunkan kadar lemak jahat didalam tubuh.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga pola makan dan pola hidup sehat, bisa juga dengan rutin berolahraga diluar ruangan ataupun didalam ruangan.

 

5. Mencegah Sel Kanker

Siapa yang mengira, dengan mengonsumsi buah rambutan ini, kamu bisa mencegah tumbuhnya sel kanker didalam tubuh. Mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobatinya, ayo memulai hidup sehat sekarang juga.

 

Masih banyak lagi manfaat dari buah rambutan ini, nantikan di artikel kami selanjutnya. Jika bermanfaat untukmu, pastinya artikel ini akan kamu bagikan ke keluarga ataupu sahabat-sahabatmu.