Kebutuhan gizi dan nutrisi dalam tubuh, merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Karena, biasanya di saat sedang berpuasa, kebutuhan dalam tubuh akan gizi dan nutrisi sangat banyak dibandingkan tidak berpuasa. Yang perlu kita ketahui bersama, sebelum membahas menu apa saja yang dianjurkan saat puasa (berbuka dan sahur), adalah gizi apa saja yang diperlukan dalam tubuh disaat sedang berpuasa.

  • Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat ini penting, dimana sebagai sumber energi dalam tubuh. Akan lebih bertenaga jika berbuka atau sahur dengan beberapa menu pilihan yang mengandung karbohidrat kompleks. Seperti sayuran hijau, kentang, jagung, dan nasi merah.

  • Protein

Selain untuk pertumbuhan dalam tubuh, protein juga mampu membuat diri kita merasa kenyang lebih lama. Sumber protein bisa didapat pada daging ayam, daging merah, telur, tempe dan tahu.

  • Vitamin & Air

Vitamin dan mineral dari sayuran dan buah-buahan juga tak boleh terlupakan untuk menjaga keseimbangan asupan zat gizi untuk tubuh. Jangan sampai kekurangan cairan dalam tubuh, meski sedang berpuasa, kamu harus tetap menjaga cairan dalam tubuh.

Setelah mengetahui kebutuhan gizi dan nutrisi dalam tubuh saat berpuasa, selanjutnya akan kita bahas mengenai menu makanan yang dianjurkan saat puasa. Apa aja tuh?! Langsung aja baca dan simak dibawah ini ya.

Oatmeal Dengan Irisan Buah

oatmeal-hawagym-indonesia

Salah satu menu yang dianjurkan saat berbuka adalah menyantap oatmeal dengan irisan buah-buahan. Kalau bisa dibayangin, hmm… nggak kerasa deh nikmatnya. Menu ini merupakan menu sehat yang memiliki kandungan protein dan serat yang cukup memenuhi nutrisi dalam tubuhmu. Kamu bisa mencobanya, dengan mencampurkan buah strawberry atau pisang pada menu oatmeal.

Nasi Merah

beras-merah-hawagym-indonesia-menu-berbuka-puasa-yang-sehat

Menu sehat lainnya adalah nasi merah. Nasi merah diduga memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan nasi putih, sehingga tenaga dalam tubuhmu akan kembali normal dengan cepat. Selain itu, nasi merah ini juga baik untuk dikonsumsi oleh penderita Anemia. Kandungan gizi dalam beras merah ini akan membantu pembentukan sel darah merah dan tidak akan membuatmu lemas saat berpuasa.

Es Kelapa Muda

es-kelapa-muda-hawagym-indonesia

Nah, ini dia minuman yang dianjurkan saat berbuka atau sahur. Kandungan elektrolit dalam air kelapa muda bisa mengembalikan energi tubuh dalam sekejap. Selain itu, elektrolit ini juga bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang saat beraktifitas. Untuk menambah tenaga dalam waktu yang singkat, kamu mencampur air kelapa ini dengan madu. Hmm… Jangan dibayangin segernya seperti apa ya say, masih puasa nih, hehe.

Salad Sayur & Buah

salad-sayur-dan-buah-hawagym-indonesia

Selain mengolah sayur dan buah menjadi smoothies, kamu juga bisa mengolahnya menjadi salad. Meskipun kelihatan ringan, makanan ini mengenyangkan dan sangat menyehatkan untuk nutrisi tubuhmu. Sebanyak apapun makan salad ini, perutmu tidak akan merasa begah. Energi dalam tubuh akan kembali normal setelah berbuka puasa dengan salad. Jangan penasaran doang, cobain aja yuk hari ini. Siapkan beberapa porsi, dan kamu bisa membagikannya kepada tetangga-tetangga di dekat rumah yang sedang menjalankan ibadah puasa.

 

Inilah tips-tips menu makanan sehat. Kamu bisa buktikan sendiri dan praktekkan bersama keluarga tercinta. Kamu juga bisa membagikan informasi ini kepada sahabat-sahabatmu. Sehat dan bugar itu untuk bersama, bagikan artikel ini jika bermanfaat untuk orang banyak.

Kamu juga bisa lihat artikel lainnya, dengan klik disini untuk kiat-kiat bugar saat puasa.