Lebaran sebentar lagi… Siapkan diri Anda dan keluarga sebelum berangkat mudik. Masih ada waktu untuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk si kecil.

Tidak hanya orang tua saja yang harus menjaga kondisi kesehatan tubuh, tapi anak-anak juga harus diperhatikan. Perjalanan yang akan ditempuh sangat jauh, jangan sampai ketika Anda telah sampai di tujuan kondisi tubuh sedang tidak dalam kondisi yang fit. Bagi suami Anda yang akan menjadi pengemudi saat mudik, sebaiknya anjuran untuk baca tips mudik disini.

Menurut salah satu Dokter Spesialis Anak di salah satu Rumah Sakit ternama di Kota Yogyakarta, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk kesehatan anak Anda. Simak aja langsung yuk…

Kenyamanan Anak Agar Tetap Sehat Saat Mudik

tips-menjaga-kesehatan-anak-saat-mudik-hawagym-indonesia-1

Perhatikan kenyamanan alat transportasi Anda, pastikan kendaraan dalam kondisi yang baik jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, karena Anda akan menempuh perjalanan yang jauh sehingga anak akan tetap merasa nyaman. Berhentilah di rest area setiap 2 hingga 3 jam sekali agar anak dapat beristirahat, makan dengan nyaman, menghirup udara segar, dan menggerakkan tubuhnya dengan leluasa. Jika menggunakan kendaraan umum, anak diatas usia 3 tahun sebaiknnya mendapatkan tempat duduk sendiri. Tidak disarankan menggunakan kendaraan roda dua.

Di tempat tujuan, usahakan tempat tinggal atau tempat menginap nyaman bagi anak. Jika ada perbedaan cuaca, sebaiknya sebelum mudik Anda menyiapkan perlengkapan yang sesuai. Misalkan di tempat dingin, siapkan jaket, topi, selimut, dan kaos kaki.

Pemenuhan Nutrisi Anak

tips-menjaga-kesehatan-anak-saat-mudik-hawagym-indonesia-nutrisianak

Bayi dan balita harus mendapat asupan nutrisi yang cukup agar daya tahan tubuhnya terjaga dengan baik. Jika anak Anak masih bayi atau balita, dan terbiasa meminum ASI, sebaiknya tetap berikan ASI, jangan berikan susu formula. Untuk anak yang lebih besar, pilihan makanan bisa lebih bervariasi. Yang harus diperhatikan adalah kebersihan makanan dan air minum yang dikonsumsi. Disarankan mengonsumsi makanan yang baru saja dimasak. Mencuci tangan sebelum makan harus dilakukan untuk mencegah kuman masuk dalam tubuh anak Anda.

Kebersihan Tubuh dan Lingkungan Anak

tips-menjaga-kesehatan-anak-saat-mudik-hawagym-indonesia-kebersihan-anak

Anak-anak biasanya aktif bergerak, dimana hal ini akan menyebabkan anak banyak berkeringat dan tubuhnya menjadi kotor. Disarankan untuk mengganti pakaian anak bila telah basah oleh keringat. Jika bayi, segera ganti pampersnya setiap 3 hingga 4 jam sekali agar daerah selangkangan tidak lembab. Selalu mencuci tangan atau menggunakan cairan antiseptik sebelum makan dan setelah membantu anak buang air besar atau buang air kecil. Selalu siapkan sabun antiseptik untuk menjaga kebersihan, jika Anda kurang yakin dengan kebersihan air ditempat Anda beristirahat.

Perjalanan mudik akan terasa asyik dan menyenangkan jika anak Anda merasa nyaman diperjalanan. Sayangi keluarga Anda, dan semoga selamat sampai di tempat tujuan.