Kebanyakan dari Anda, menjadikan momen lebaran seperti ajang balas dendam. Makan sepuasnya dengan berbagai masakan yang disuguhkan oleh keluarga besar Anda. Apalagi dengan makanan ciri khas disaat lebaran, yaitu Opor Ayam. Hmm… Kebayang gimana enaknya menyantap menu favorit lebaran yang satu ini. Ditambah lagi dengan berbagai jenis kue-kue kering, yang tidak diketahui seberapa besar kalori yang terkandung pada kue-kue tersebut.

Okay, nggak masalah sist. Memang, selain momen silaturahmi dengan keluarga, sanak-saudara, dan tetangga-tetangga. Menyantap makanan yang disuguhkan adalah salah satu bentuk berbagai kebahagiaan kepada orang-orang disekitar.

Setelah Anda membaca artikel ini, semoga mampu membuat Anda terhipnotis, untuk tidak berlama-lama dalam euphoria suasana lebaran. Anda harus sebisa mungkin tetap mengontrol makanan yang Anda konsumsi, dan menjaga pola istirahat Anda secara teratur. Ayo kembali ke rutinitas sehat Anda. Ajak keluarga Anda untuk kembali menjalankan program hidup sehat. Sudah ditunggu tuh sama dumbbell & barbbell, mereka setia menanti Anda untuk diangkat kembali. Yuk, ikutin beberapa petunjuk/pedoman dibawah ini ya sist.

Pelan Tapi Pasti Untuk Lebih Bugar Lagi

Nggak perlu merasa bersalah dengan makanan yang telah Anda santap kemaren saat lebaran. Setelah beberapa hari Anda melakukan Off Training, tubuh Anda akan menyesuaikan kondisi dengan sendirinya. Butuh waktu yang lumayan lama untuk bisa kembali ke kondisi tubuh Anda sebelumya. Untuk diawal, jangan terlalu memaksakan diri Anda, karena bisa jadi resiko cidera akan Anda alami jika tidak sabar dan terlalu memaksakan. Sebaiknya Anda memulai latihan secara perlahan-lahan, dengan beban yang sedikit ringan agar tubuh Anda membiasakan dan menyesuaikan terlebih dahulu.

makanan-yang-paling-baik-dikonsumsi-setelah-olahraga-hawa-gym-indonesia-buah-buahan

Segera Perbaiki Asupan Makan

Saat lebaran, Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu kumpul bersama keluarga besar, dan bersilaturahmi dengan sanak saudara, sehingga tidak sempat untuk berolahraga, atau menyempatkan diri untuk berolahraga. Asupan makan pun juga akan sulit untuk dikontrol, sehingga program diet Anda akan gagal. Makanan berlemak dan santan, menjadi makanan sehari-hari. Setelah lebaran, sudah saatnya Anda menyeimbangkan kembali asupan karbohidrat, lemak, dan protein. Ingat! Jaga tubuh Anda agar tetap terhidrasi dengan baik.

Targetkan Diri Untuk Lebih Bugar

Setiap latihan pasti memiliki tujuan. Target dan tujuan setiap orang pun juga akan berbeda. Ciptakan target Anda sendiri, mulai dari hal kecil yang memungkin Anda lebih mudah untuk meraihnya. Hal yang wajar, jika Anda akan mengalami kenaikkan berat badan yang cukup signifikan pasca lebaran. Anda bisa memulai dengan target menurunkan berat badan sebanyak 1 Kg dalam kurun waktu 2 minggu. Jika Anda berhasil melakukannya, beri hadiah untuk diri Anda sendiri dengan melakukan liburan atau beristirahat dari aktifitas olahraga, setelah itu tingkatkan lagi target Anda.

Lakukan Peregangan Secara Cukup

Setelah sekian lama absen dari dunia olahraga, peregangan sangat krusial dilakukan untuk menghindari cidera otot dan sendi. Cobalah melakukan peregangan selama 10 menit sebelum Anda berolahraga. Untuk diawal Anda akan merasa lelah karena otot-otot akan terasa lebih kaku dari biasanya.

Konsisten Dengan Target Anda

Memang sulit untuk kembali ke rutinitas olahraga, pasca libur panjang lebaran. Ketika Anda merasa kesehatan merupakan hal yang penting untuk dijaga, dan Anda sedang berada pada kondisi lelah dan menyiksa. Percayalah! Ini bukan alasan Anda untuk berhenti berolahraga, atau menjaga kesehatan Anda. Semua kembali pada mindset Anda. Jangan menyerah begitu saja, segera kembali ke kondisi saat Anda sedang menjalani program hidup sehat.

Hubungi Kembali partner Olahraga Anda

Ini tak kalah pentingnya. Setelah kurang lebih 2 minggu hingga sebulan Anda off training, ada baiknya Anda menghubungi kembali rekan olahraga Anda. Selain Anda bisa sharing kembali dengannya, rekan Anda tersebut juga bisa dijadikan sebagai saingan dalam memperoleh tubuh yang bugar dan ideal. Anda merasa tertantang?!

 

Semoga berhasil meraih target Anda kembali. Anda pasti bisa jika dengan niat dan tekad untuk menjadi lebih bugar lagi. Libur lebaran telah usai, saatnya buktikan diri Anda mampu melawan lemak-lemak yang sudah menumpuk di tubuh Anda.