Hari minggu merupakan suatu momen yang ditunggu oleh setiap keluarga. Rata-rata setiap keluarga akan menghabiskan waktu liburnya untuk berlibur ke pantai, ke mall, ke objek-objek wisata, dan ada juga yang meluangkan waktu untuk berolahraga di lapangan terbuka. CFD (car free day) merupakan program dari pemerintah, dimana membuat sarana olahraga yang lebih luas untuk masyarakat. Banyak sekali yang memanfaatkan program CFD ini, ada yang jogging, bersepeda, fresstyle, dan aja juga yang jalan-jalan santai.

Okay, yang akan kita bahas kali ini bukan tentang keseruan acara-acara saat CFD. Yang akan dibahas adalah tentang jajanan-jajanan yang dijual di area sekitar CFD. Banyak sekali di pinggiran area CFD menjual berbagai makanan dan jajanan, dari yang sehat hingga tidak sehat. Untuk sesekali makan bersama keluarga atau sahabat-sahabatmu, tidak masalah, tapi kalau keseringan, kamu boleh tanggung sendiri resiko yang akan kamu rasakan.

Banyak orang, setelah berolahraga akan memilih menu khas Tanah Air yang memang dikenal lezat. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, mengonsumsi makanan sembarangan akan membuat aktifitas olahragamu sia-sia. Pasalnya, kalori yang terkandung dalam makanan/jajanan ini begitu sangat tinggi. Ambil salah satu contohnya, Soto! Dianjurkan, untuk tidak mengonsumsi soto setelah berolahraga, apalagi setelah makan soto, kamu langsung pulang, akan keselek dan batuk-batuk (minum air mineral dulu dong), hehe.

Salah satu website gizi di Indonesia, menyimpulkan beberapa kandungan yang terdapat dalam Soto adalah sebagai berikut ini:

informasi-gizi-soto-hawagym-indonesia

Bayangkan sendiri, kandungan lemak dalam 1 mangkok soto mencapai 44%. Jika kita mengonsumsi soto setelah berolahraga, maka sistem metabolisme tubuh akan mengalami kekacauan. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan karena lemak dalam tubuh akan meningkat dan semakin menumpuk banyak. Ditambah lagi dengan lauk lainnya, seperti jeroan atau gorengan, kamu akan rentan terkena masalah kolesterol. Padahal, sudah menjadi rahasia umum, jika kolesterol tinggi akan berdampak pada munculnya penyakit jantung atau stroke.

Setelah melihat berita dan informasi mengenai kandungan lemak dalam soto, kamu akan lebih hati-hati dalam memilih makanan atau jajanan pasca melakukan aktifitas olahraga di tempat umum. Eitts…!! Berlaku juga untuk olahraga di dalam ruangan juga ya.