Bagi sebagian wanita, mandi di pagi hari merupakan hal yang biasa. Terkadang, mereka juga harus melakukannya karena di pagi hari harus terlihat cantik dan wangi sebelum menjalani aktifitas sehari-hari. Tapi, memang seharusnya mandi di pagi hari harus kamu lakukan karena mandi di pagi hari sangat tepat untuk dilakukan. Dimana di pagi hari udaranya masih sangat segar, dan banyak kandungan zat baik yang larut bersama air ketika air tersebut dipakai untuk mandi. Alasan lainnya, kamu akan lebih bersemangat menjalani aktifitas sehari-hari ketika sudah mandi di pagi hari.

Jangan sampai kamu melewatkan mandi pagimu yang penuh dengan banyak manfaat ketika mandi di pagi hari. Hal yang paling penting adalah, ketika kamu baru terbangun dari tidurmu di pagi hari, jangan langsung mandi karena ini sangat berbahaya. Lebih baik, diam beberapa menit hingga setengah jam, setelah itu kamu bisa mandi.

Ada yang menakjubkan dari kebiasaan mandi di pagi hari, dan ini tidak banyak orang yang mengetahui manfaatnya, mungkin dikalangan Dokter atau yang paham dengan kesehatan, tahu akan manfaatnya mandi di pagi hari. Untuk kamu yang belum tahu, atau yang jarang melakukan mandi di pagi hari, harus simak beberapa manfaat di bawah ini.

Melancarkan Peredaran Darah

Beberapa penelitian dunia menunjukkan bahwa jika seseorang sering melakukan rutinitas mandi di pagi hari dengan air dingin, maka peredaran darah dalam tubuh akan semakin lancar. Selain itu, tubuh akan menjadi lebih segar dan rileks.

Menurunkan Resiko Darah Tinggi

Mandi di pagi hari juga dapat menurunkan resiko darah tinggi, varises, dan mengerasnya pembuluh darah. Hal ini dapat terjadi karena dikarenakan mandi di pagi hari dapat melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Meningkatkan Kesuburan

Mandi di pagi hari dapat meningkatkan produksi hormon estrogen pada wanita dan hormon testosteron pada pria. Hal ini juga dapat meningkatkan kesuburan serta gairah pergaulan.

Merangsang Penurunan Berat Badan

Ternyata manfaat lainnya mandi di pagi hari dapat mendorong produksi energi pembakaran lemak serta mempercepat metabolisme tubuh. Bagi yang mengalami masalah dengan berat badan (obesitas), sangat disarankan untuk rutin mandi di pagi hari.

Meningkatkan Energi dan Pikiran

Dengan air dingin di pagi hari, tubuhmu akan terasa lebih segar. Hal ini dapat meningkatkan energi dalam tubuh dan pikiran. Suhu pada air dinginlah yang berpengaruh dalam meningkatkan energi dalam tubuh kita.

Mengatasi Flu

Ketika flu kita akan sering bersih dan hidung akan terasa tersumbat. Banyak sekali orang yang mandi menggunakan air hangat ketika sedang flu. Padahal, yang seharusnya adalah mandi dengan air dingin ketika flu sedang menyerang. Hidung tersumbat bisa diatasi dengan air dingin. Kecuali apabila penderita flu sampai menggigil dan demam, dibolehkan untuk menggunakan air hangat saat mandi.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit yang sehat bisa diperoleh dengan mandi menggunakan air dingin. Karena air dingin tidak akan membuka pori-pori seperti yang dapat dilakukan oleh air hangat. Sehingga tubuh tetap bersih, terhindar dari kotoran, dan sehat. Mandi di pagi hari ini juga mirip dengan proses detoksifikasi, yaitu bermanfaat untuk mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh dan kulit.

Memperbaiki Jaringan Tubuh

Manfaat lainnya adalah kulit akan tampak sehat dan kenyal, karena jaringan kulit akan menjadi lebih baik. Salah satu solusi bagi kamu yang mengalami mata panda (lingkar hitam yang ada pada kantung mata) bisa dikurangi dengan mandi di pagi hari.

Menghindari Rematik

Untuk kamu mengalami rematik, lakukan terapi mandi pagi secara rutin. Ternyata kualitas air di malam hari dengan air di pagi hari sangat berbeda. Air malam sangat berbahaya karena memicu penyakit, salah satunya adalah rematik. Sementara air pagi memiliki kandungan karbondioksida yang tinggi dan berguna untuk melawan rematik.

Inilah 9 manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mandi di pagi hari. Masih banyak manfaat-manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan. Hanya keinginan dan niat dalam diri jika ingin lebih sehat lagi. Manfaat-manfaat tersebut tidak hanya untuk kaum wanita saja, kaum laki-laki juga bisa mendapatkan manfaat-manfaat yang dijabarkan diatas.

Jangan malu dan jangan hanya kamu yang tahu akan manfaat mandi di pagi hari. Sebarkan dan informasikan juga kepada orang-orang yang kamu sayangi. Sedikit ilmu yang kamu tahu, akan menjadi ladang pahala di akhirat kelak.