Hayo.. Siapa yang sering jalan kaki di pagi hari? Mungkin ada sebagian yang setiap pagi jalan kaki di sekitaran komplek atau disekitaran lingkungan desa. Berbahagialah! Rutin jalan kaki di pagi hari dapat mencegah berbagai penyakit lho! Nggak percaya? Simak dulu penjelasannya dibawah ini yuk sahabat.

Eits… Sebelum kita bahas, nasehat bagi pemuda-pemudi jangan mau kalah dengan orang tua. Coba saja kita perhatikan, jika kita ngeh, kebanyakan orang-orang tua yang lebih aktif untuk melakukan aktifitas olahraga di pagi hari seperti jalan kaki disekitaran tempat tinggalnya. Yang muda? Biasanya sih hanya dilakukan setiap akhir pekan aja, atau pas hari libur. Betul?!

Bagi sebagian orang yang belum terbiasa melakukan aktifitas di pagi hari ini, sebaiknya mulailah di hari ini atau esok untuk merutinkan aktifitas jalan kaki setiap pagi hari selepas sholat subuh atau sebelum berangkat bekerja atau berangkat kuliah. Segudang manfaat akan kamu dapatkan jika merutinkan jalan kaki di pagi hari.

manfaat-jalan-kaki-by-hawagym-indonesia

  • Efektif Turun Berat Badan

Terkadang, memiliki berat badan yang tidak ideal atau berat badan yang berlebih, membuat diri menjadi tidak PeDe dan merasa penampilannya kurang menarik. Sebenarnya tidak begitu kasusnya, tetap bersyukur walau memiliki berat badan yang berlebih, tapi akan lebih baik lagi jika kamu tetap rutin melakukan aktivitas jalan kaki di pagi hari. Yang kita tahu, obesitas adalah suatu sarana atau salah satu bukti nyata adanya suatu penyakit yang hinggap di tubuh. Salah satu cara terbaik agar terhindar dari obesitas adalah dengan memulai menjalani hidup sehat melalui aktivitas jalan kaki di pagi hari. Jika sudah rutin melakukannya, kalori jahat yang ada pada tubuhmu akan terus terbakar dan berkurang.

  • Jantung Lebih Sehat

Penyakit yang sering menyerang dan menyebabkan kematian mendadak adalah sakit jantung. Jantung merupakan inti dari sistem tubuh manusia yang memiliki peran untuk memompa darah keseluruh tubuh. Siapa saja akan rela melakukan apapun untuk mengobatinya. Nah, daripada mengobatinya lebih baik untuk mencegahnya dan membuat jantungmu lebih sehat lagi. Salah satu cara mudah dan ampuh adalah dengan melakukan aktifitas jalan kaki. Manfaat yang didapatkan adalah kinerja jantung menjadi lebih baik dan serangan jantung pun bisa dihindari. Coba saja rasakan selama 1 atau 2 minggu untuk merutinkannya, jantungmu akan terasa lebih sehat. Buktikanlah sendiri.

  • Menghindari Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang mengancam banyak orang (setelah penyakit jantung). Tapi nggak perlu khawatir, ada penelitian yang menyatakan dengan berjalan kaki selama 30 menit di pagi hari, dapat mengontrol gula darah dan membantu pengelolaan insulin pada diabetes tipe II. Yang terjadi adalah sel-sel pada otot akan lebih banyak menggunakan glukosa, dan membantu membakar lemak jahat pada tubuh yang tidak dibutuhkan, dan juga membantu memperbaiki Indeks Massa Tubuh (body mass index).

  • Mencegah Stroke

Suatu penelitian menyatakan bahwa dengan berjalan kaki selama kurang lebih 20 jam dalam seminggu, mampu menurunkan resiko serangan stroke sebanyak 2/3 kali. Inilah yang menyebabkan orang pada zaman dahulu hanya sedikit yang terkena penyakit stroke. Selain mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, pola hidup mereka berbeda dengan kita yang sekarang, karena orang zaman dahulu bepergian dengan berjalan kaki. Bukan karena tidak adanya kendaraan, tetapi mereka sadar akan kesehatan tubuhnya sendiri, berbeda dengan sekarang yang manja bepergian dengan menggunakan kendaraan, alhasil aktivitas olahraga pun jarang mereka lakukan.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang dapat kamu rasakan dan nikmati dengan rutin melakukan aktivitas jalan kaki di pagi hari. Kesehatan pada tubuh bukan dipengaruhi oleh faktor orang lain, tapi dirimu sendirilah yang mampu dan menciptakan tubuhmu akan sehat atau tidaknya. Akan dibuktikan hasilnya di masa mendatang, jangka panjang.