Buat kamu yang baru ingin bergabung menjadi salah satu #fitnessmania ga ada salahnya nih untuk mengetahui beberapa tips fitness untuk pemula, ini bertujuan untuk menghindari resiko yang akan dialami saat melakukan latihan. Penasaran? Yuks kita simak tips ini dan cobala untuk kamu terapkan ya kak!

Mulai Secara Perlahan-lahan

Ketika kita mulai awal bergabung menjadi #fitnessmania jangan memulai seluruhnya dengan terburu – buru, mulailah dengan perlahan, perlahan yang dimaksud disini adalah minggu pertama baiknya kita melakukan latihan gym satu minggu dua kali latihan dengan durasi waktu 1 – 2 jam, selanjutnya di minggu kedua kita dapat melakukan latihan gym dengan satu minggu 4 kali latihan dengan durasi waktu 1- 3 jam. Dengan ini otot-otot kita akan terbiasa untuk melakukan latihan gym.

Jangan Lupakan Peregangan

Selain pemanasan, jangan lupa melakukan peregangan otot sebelum dan setelah melakukan latihan di gym. Pemanasan dan peregangan akan mengurangi risiko cedera saat berolahraga.

Ketika Anda pemanasan, Anda harus meregangkan otot dan menahannya sekitar 15 detik. Anda akan terhindar dari cedera bila melakukannya dengan baik dan benar.

Jangan Cuma Satu Bidang

Saat latihan di gym, kita bisa melakukan aktivitas apapun sesuai dengan target kesehatan dan kebugaran yang ingin dicapai. Sama halnya dengan berolahraga di rumah atau di luar ruangan, Anda bisa menggabung berbagai bidang olahraga yang Anda Sukai. Jadi dalam satu hari, jangan cuma melakukan satu hal yang sama, tapi lakukan bergantian dengan aktivitas lain.

Jangan lupa untuk melakukan beragam olahraga yang bisa Anda lakukan untuk kebugaran tubuh, seperti aerobic, olahraga kekuatan (resistensi), fleksibilitas (termasuk yoga), dan olahraga keseimbangan. Begitupun saat menjalani latihan kekuatan, jangan hanya fokus pada satu area tubuh saja seperti lengan atau dada. Beri perhatian yang sama pada semua area tubuh Anda misalnya perut, betis, bahu, punggung, dan sebagainya, dengan ini target yang ada ingin capai sebagai pemula akan tercapai.

Ketahui Berat Beban dan Cara yang Benar Menggunakan Alat Fitness

Kebanyakan orang bingung ketika pertama kali masuk gym, tapi kebanyakan mereka ini hanya takut bertanya untuk meminta bantuan.

Karena malas bertanya, para pemula yang langsung memulai latihan dengan beban paling berat yang bisa mereka angkat. Padahal seharusnya dimulai dari yang paling ringan dulu, minggu pertama melakukan gym lakukanlah angkat beban yang ringan, ini bertujuan agar tidak cedera dan bisa mendapatkan manfaat yang terbaik dari fitness. Tenang kak, untuk di hawa gym kami menyediakan instruktur yang akan mengarahkan bagaimana posisi yang benar dalam penggunaan alat, karena jika salah dalam posisi akan mempengaruhi target yang kita inginkan.

Nah berikut tips yang bisa kamu terapkan sebagai pemula saat melakukan fitness , dengan menerapkan ini tentunya kamu sebagai pemula akan semakin nyaman melakukan fitness dan mencapai targetmu.