Penyakit jantung adalah kondisi ketika jantung mengalami gangguan. Bentuk gangguan itu sendiri bisa bermacam-macam. Ada gangguan pada pembuluh darah jantung, irama jantung, katup jantung, atau gangguan akibat bawaan lahir.

Jantung adalah otot yang terbagi menjadi empat ruang. Dua ruang terletak di bagian atas, yaitu atrium (serambi) kanan dan kiri. Sedangkan dua ruang lagi terletak di bagian bawah, yaitu ventrikel (bilik) kanan dan kiri. Antara ruang kanan dan kiri dipisahkan oleh dinding otot (septum) yang berfungsi mencegah tercampurnya darah yang kaya oksigen dengan darah yang miskin oksigen.

Tentunya tidak ada yang menginginkan tervonis penyakit, terlebih penyakit jantung koroner. Namun jika kita sudah tervonis terjangkit penyakit maka kita akan menyadarinya dan berusaha untuk menyembuhkannya! Hawa Gym punya solusi bagi penderita penyakit jantung koroner. Berikut beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan:

  1. Aerobik

Senam aerobik terkenal dengan gerakan olahraga yang aktif dan energik, namun gerakan dalam aerobik mampu untuk tidak membuat kerja otot–otot jantung menjadi lebih berat. Lakukan olahraga aerobik ini minimal satu kali dalam satu minggu.

  1. Berjalan Kaki

Selain aerobik, berjalan kaki mampu menggerakkan hampir seluruh tubuh, berjalan kaki secara rutin akan melatih otot-otot jantung secara ringan. Kamu dapat menerapkan latihan ini saat pagi hari atau sore hari secara rutin.

  1. Yoga

Senam yoga atau senam meditasi mampu melatih otot-otot jantung secara ringan, aktivitas olahraga ini tidak banyak menguras tenaga. Senam yoga ini mampu untuk mengatur intensitas nafas dan membuat tenang pada diri Anda. Lakukan senam ini secara rutin minimal dua kali dalam satu minggu.

4. Berenang

Olahraga ringan ini memiliki kebaikan untuk sendi dan jantung kamu. Bila olahraga ini dilakukan secara rutin, berenang bisa menguatkan otot-otot dan jantung kamu.

Empat olahraga itu dapat kamu terapkan dengan melakukan latihan secara rutin untuk tetap menjaga kesehatan tubuh Anda, terutama kesehatan jantung Anda. Selain dengan menjaga pola olahraga, Anda harus tetap menjaga pola makan seperti menghindari makanan yang mengandung minyak berlebih (semisal gorengan), makanan siap saji (junk food), dan minuman bersoda.