Dengan reputasinya sebagai salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi, kanker payudara menjadi semakin ditakuti oleh wanita. Sayangnya, hingga kini, masih banyak wanita yang terlambat menyadari bahwa ada sel-sel kanker yang berkembang di payudaranya sehingga penanganan yang dilakukan pun juga terlambat. Wanita perlu lebih waspada dan mengenali penyakit-penyakit yang rawan menyerang mereka, salah satunya adalah kanker payudara. Salah satu langkah pencegahannya adalah dengan mengenali gejala-gejala fisik. Berikut Hawa Gym akan menjabarkan gejala awal kamu mengidap kanker payudara:

1. Gatal, Sakit dan Memerah

Gejala kanker payudara adalah ketika ada rasa panas ketika disentuh, dan payudara tersebut meradang. Dibandingkan kasus tumor payudara pada umumnya, gejala ini lebih menunjukkan sebuah peradangan yang disebabkan oleh kanker. Payudara membengkak, sakit, kulitnya kemerahan dan bersisik. apabila diperhatikan lebih lanjut, warnanya akan berubah jadi keunguan seperti memar.

Pada tahap selanjutnya, ia akan menjadi berlesung pipit atau berubah karakternya seperti kulit jeruk. Rasa sakit ini mirip dengan nyeri saat PMS, namun rasa gatalnya akan menunjukkan reaksi alergi dan tidak hilang hanya dalam beberapa hari. Sel kanker di dalam payudara akan cepat memblokir pembuluh darah yang memberi makanan pada kulit, inilah sebabnya terasa panas, dan meradang. Jadi jika Anda merasakan tanda awal ini segera kunjungi dokter anda.

2. Benjolan di Payudara atau Ketiak 

Perlu diketahui, kanker payudara tidak berarti bahwa sel-sel kanker berada di sekitar payudara saja. Sesuai dengan tahap perkembangan sel kanker payudara, sel-sel agresif tersebut juga bisa ditemui di ketiak yang tidak lain merupakan bagian dari kelenjar getah bening.

Hal ini bisa kamu amati dengan menemukan benjolan yang berada di payudara maupun ketiak. Ukurannya tidak selalu besar. Bila disentuh, teksturnya cukup keras dan posisinya tidak bergerak (bedakan dengan kelenjar).

 

3. Perubahan Warna Pada Payudara 

Coba perhatikan warna pada payudaramu. Gejala lain yang dapat ditunjukkan dari kondisi kanker payudara adalah perubahan warna di bagian payudara yang terserang (terutama di bawah puting). Setiap orang bisa berbeda, ada yang menjadi kemerahan seperti meradang, berwarna seperti merah muda, atau bahkan menjadi lebih gelap.

Tanda ini biasanya kerap diabaikan sampai kemudian muncul rasa nyeri yang membuat tidak nyaman. Bahkan tidak jarang orang yang menganggap bahwa perubahan warna ini disebabkan pemilihan bra yang kurang tepat. Namun, bila kondisi ini tidak segera hilang dalam waktu beberapa hari, jangan tunda untuk segera berkonsultasi ke dokter.

4. Nyeri Punggung Bagian Atas 

Biasanya spesialis tulang belakang akan terlebih dahulu mencari tanda-tanda tumor apabila seorang wanita mengalami keluhan nyeri punggung dengan mencocokkan ada tidaknya gejala lain. Tanda gejala kanker payudara biasanya berawal dari rasa sakitnya di bagian atas tulang belakang antara tulang belikat, nyeri otot tendon serta osteoarthritis tulang belakang.

Hal ini terjadi karena tumor payudara berkembang dalam jaringan kelenjar payudara, kemudian menyebar ke seluruh area dada. Pertumbuhan tumor tersebut mendorong mundur ke arah tulang rusuk dan tulang belakang. Nyeri yang dihasilkan dapat dirasakan di punggung ketimbang di payudara. Parahnya lagi, kanker payudara ini dapat bermetastasis dan menjadi kanker tulang sekunder.

5. Perubahan Bentuk Payudara

Tidak semua tumor payudara ditandai dengan benjolan yang keras di payudara. Ada kalanya bentuk payudara akan mengalami perubahan drastis. Payudara yang terkena kanker, bentuknya bisa lebih oval, atau turun ke bawah dan mencuat ke satu sisi. Perhatikan bentuk payudara dengan seksama, apakah bentuknya ada yang berubah agak aneh? Perlu pemeriksaan lebih lanjut jika itu tidak kunjung hilang.

Jika Anda mengalami tanda sama seperti yang sudah dibahas diatas, segera cek kondisi Anda pada dokter yang menangani hal ini. Di artikel selanjutnya hawa gym akan berbagi apa saja cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah hal ini dalam diri Anda! Stay tuned di kami ya kak!