Wanita umumnya tidak bisa lepas dari kegiatan mempercantik diri. Berdandan seolah-olah sudah menjadi kebutuhan bahkan ada yang menolak pergi keluar rumah tanpa menggunakan make-up. Tak jarang juga wanita yang merias diri sebelum pergi fitness atau berolahraga. Berdasarkan survei terbaru di Inggris, lebih dari 25 persen wanita mengenakan make-up lengkap ketika menghampiri tempat kebugaran. Padahal, penggunaan make-up saat beraktivitas bisa berdampak buruk terhadap kesehatan kulit.

Selain kurang bermanfaat, memakai make-up tebal saat olahraga juga tidak baik untuk kulit. Ketika melakukan aktivitas fisik yang intens, Anda akan banyak berkeringat dan pori-pori terbuka. Dengan memakai riasan yang tebal akan menghalangi kulit untuk bernapas dan menyebabkan timbulnya jerawat bahkan iritasi. Menurut dokter kulit Arielle Kauvar, M.D. dalam shape.com, mengatakan bahwa make-up terutama foundation dan bedak dapat menyumbat pori-pori kulit dan menghambat keluarnya keringat dengan optimal.

Jika kamu terus-menerus memakai make-up saat melakukan olahraga, ini berakibat buruk untuk kulit. Karena tertutup make-up, kulit jadi lebih rentan menumpuk kotoran sehingga lebih mudah ditumbuhi jerawat, komedo, hingga wajah tampak kusam.

Jangan sampai Anda berolahraga dan justru mendapat kulit berjerawat dan rusak, padahal tujuan olahraga ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Bukan salah olahraganya, namun kebiasaan Anda menggunakan make-up yang harus lebih diperhatikan. Memperhatikan kesehatan tubuh juga harus memperhatikan kesehatan kulit saat nge-gym. Tenang, Anda tetap cantik tanpa make-up.

Bahkan ketika Anda menggunakan make-up yang water proof, kosmetik tak akan bertahan lama dan bahan kimianya tetap bisa membahayakan kesehatan. Semua ahli dermatologis lebih menyarankan untuk segera menghapus make-up daripada terus memakainya saat olahraga dan berkeringat banyak.

Make-up mata seperti eyeliner, maskara, eye shadow dan lain sebagainya juga akan menimbulkan masalah lain, yaitu mengiritasi mata dan membuat mata pedih. Maskara dan eyeliner terutama, biasanya terkontaminasi oleh bakteri dan jika masuk ke mata bisa membuat mata merah (iritasi).

Alangkah lebih baiknya jika pada saat melakukan gym dan berolahraga Anda cukup menggunakan sunscreen wajah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.