Kiwi adalah buah-buahan kecil mnyerupai bentuk buah sawo. Selain rasanya yang enak, manfaat buah kiwi begitu banyak untuk kesehatan tubuh. Buah berdaging hijau dan memiliki rasa yang manis dan tajam. Buah kiwi dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman. Rasanya yang segar membuat kiwi dapat dengan mudah dipadukan dengan aneka santapan sehat lain, misalnya dijadikan bagian dari salad, campuran yoghurt, pemanis es krim, smoothies,keik, kue, jus, hingga puding.

Buah kiwi juga memiliki banyak antioksidan dan merupakan sumber serat yang baik. Biji hitam kecil dalam buah kiwi dapat dimakan, begitupun kulitnya yang berwarna cokelat, namun banyak yang lebih suka mengupas kulit buah kiwi sebelum memakannya. Manfaat buah kiwi bagi tubuh adalah sebagai sumber nutrisi yang kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, kalium, asam amino, folat, dan kalsium. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak antioksidan dan merupakan sumber serat.

Berbagai penelitian dilakukan untuk mengungkap manfaat buah kiwi bagi kesehatan, di antaranya:

  • Membantu Pencernaan

    Buah kiwi mengandung actinidain, enzim pelarut protein yang dapat membantu mencerna makanan seperti papain dalam pepaya atau bromelain pada nanas.

  • Meredakan Asma

    Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi pada kiwi dapat meredakan gejala asma. Penelitian menunjukkan, terdapat perbaikan kondisi paru-paru pada orang-orang yang mengonsumsi buah secara teratur, termasuk di antaranya adalah buah kiwi. Mengonsumsi buah kiwi segar diduga dapat mengurangi mengi dan sesak napas pada penderita asma.

  • Mendukung Penurunan Berat Badan

    Indeks glikemik rendah pada kiwi dan kandungan serat yang tinggi berarti tidak akan menciptakan dorongan insulin yang kuat seperti buah lain dengan kandungan gula tinggi — sehingga tubuh tidak akan merespons dengan menyimpan lemak.

  • Mengurangi Risiko Pembekuan Darah

    Penelitian menemukan, konsumsi dua hingga tiga buah kiwi sehari dapat menurunkan risiko pembekuan darah dan penurunan jumlah lemak dalam darah. Bekuan darah berkaitan dengan berbagai penyakit dan kondisi serius yang bisa mengancam jiwa, seperti stroke, penyakit jantung, dan emboli paru.

  • Membantu Melawan Penyakit Jantung

    Makan dua hingga tiga buah kiwi sehari telah terbukti mengurangi potensi pembekuan darah hingga 18 persen dan mengurangi trigliserida hingga 15 persen. Banyak orang menggunakan aspirin untuk mengurangi pembekuan darah, tetapi ini menyebabkan banyak efek samping termasuk peradangan dan pendarahan usus. Manfaat buah kiwi sebagai anti-pembekuan yang sama tanpa efek samping, hanya manfaat kesehatan tambahan.

  • Menurunkan Tekanan Darah dan Risiko Penyakit

    Kandungan dalam kiwi dapat menurunkan tekanan darah. Ini artinya, kiwi dapat membantu mencegah terkena risiko penyakit yang muncul akibat tekanan darah tinggi, seperti serangan jantung dan stroke. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi dapat mencegah penyakit yang disebabkan kerusakan DNA, seperti penyakit jantung dan kanker.