Lebaran tinggal menghitung hari. Seperti biasa, akan ada banyak sekali makanan yang akan dihidangkan, seperti ketupat, opor ayam, aneka macam kue, dan makanan lainnya. Ini menjadi waktu terbaik untuk mencicipi semuanya. Tetapi kesehatan tubuh juga harus diperhatikan, jika kesehatan terganggu maka momen hari raya pun akan terganggu. Biasanya yang paling sering terjadi adalah gangguan pada sistem pencernaan.
Bagi Anda #fitnessmania yang sedang menjalani #dietsehat jangan sampai Anda tergoda dengan menu makanan yang mengandung lemak tinggi, berikut makanan yang mengandung lemak tinggi:

  • Kue kering

Kue kering tidak bisa dipisahkan dari perayaan #lebaran. Seperti kita ketahui Kue kering terbuat dari tepung, telur dan gula yang tentunya mengandung lemak tinggi.

  • Opor dan Gulai

Kedua makanan ini merupakan pencetus terjadinya berat badan naik dalam sekejap. Makanan yang berbahan dasar santan ini memiliki kalori yang sangat tinggi.

  • Minuman manis

Saat lebaran tentunya Anda akan lebih sering menemukan minuman yang #legend yakni #sirup. Sirup mengandung gula yang tinggi, ini sangat memicu berat badan Anda naik.

Tips makan makanan yang sehat untuk Anda konsumsi saat lebaran tiba : 

 

  • Bedakan makanan berlemak yang baik dan yang harus dihindari

Mengetahui jenis makanan berlemak seperti apa yang harus dibatasi, membuat kita lebih mudah memilah milih makanan yang sehat saat lebaran. Pilihlah makan berlemak khas Lebaran yang memang sehat seperti dada ayam tanpa kulitnya, kacang almond, dan kacang mete.

  • Makan lebih banyak sayur dan buah

Sayur dan buah adalah makanan yang kaya akan serat. Karena itu sayur dan buah akan dicerna lebih lambat sehingga membuat orang akan kenyang lebih lama. Jadi, sebaiknya pilih buah sebagai camilan di sela-sela makan besar daripada makan beragam jenis kue Lebaran yang tinggi lemak trans. Lagi pula sering makan sayur dan buah akan membuat kita kenyang lebih lama dan mengurangi kesempatan untuk makan-makanan yang mengandung lemak.

  • Pilih makanan yang dipanggang, direbus, atau dikukus

Dibandingkan makanan-makanan yang digoreng atau makanan yang selalu dimasak dengan digulai (disantan), pilih atau buatlah makanan saat lebaran tanpa minyak dan santan. Saat lebaran pasti akan banyak menu bersantan entah opor, atau sambal goreng, rendang, dan lain sebagainya.