Madu memiliki begitu banyak khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan, madu juga kerap digunakan untuk mempertahankan keindahan kulit. Sejak dahulu madu telah digunakan sebagai bahan dasar perawatan kulit. Selain teksturnya yang lembut, kandungan madu sangat kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan potasium yang dapat digunakan sebagai pelembab, penyegar bahkan masker wajah. Apa saja manfaat madu untuk kecantikan wanita lainnya

1. Scrub Alami Untuk Angkat Sel Kulit Mati

Anda menyukai scrub wajah?? Tidak ada salahnya untuk mencoba campuran madu, gula pasir dan sedikit minyak kelapa sebagai scrub alami untuk wajahmu. Ramuan ini ampuh mengangkat sel kulit mati sekaligus menjaga kulit wajahmu tetap lembab dan halus. Namun madu yang Anda gunakan harus madu asli ya! Rutinlah untuk menggunakan scrub untuk mendapatkan wajah yang mulus, glowing, dan fresh.

2. Menyamarkan Bekas Jerawat

Bagi Anda yang memiliki masalah jerawat di wajah, dan tentunya jerawat ini akan meninggalkan jejak yakni bekas jerawat, madu bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi bekas jerawat Anda. Madu mengandung senyawa antioksidan yang bisa membantu memperbaiki warna kulit. Cocok buatmu yang punya bekas jerawat membandel di wajah. Oleskan madu secara rutin sebagai masker untuk mendapat hasil optimal.

3. Mencegah Penuaan Dini

Untuk Anda yang saat ini sedang berada di usia tidak muda lagi, Anda bisa menggunakan madu sebagai alternatif mencegah penuaan dini, sama seperti kegunaannya sebagai suplemen makanan, madu juga menutrisi kulit secara alami. Selain antioksidan, madu juga mengandung vitamin C dan kadar air yang cukup untuk menjaga kulit tetap lembab terhidrasi.

Khasiat ini menjaga regenerasi sel kulit berjalan lancar. Hasilnya, kulitmu jadi nampak lebih segar dan awet muda.

4. Mengatasi Bekas Luka

Selain bekas jerawat, masker madu juga bisa membantu menyamarkan bekas luka di bagian kulit lainnya. Apalagi bekas luka bakar, madu juga berfungsi sebagai pendingin yang meredakan sensasi perih di sekitar luka. Madu yang harus Anda gunakan adalah madu murni.

5. Melembabkan Bibir

Gak cuma kulit wajah, kamu bisa mendapatkan bibir yang lembab berkilau dengan menggunakan masker madu. Oleskan madu secara rutin pada permukaan bibir, atau gunakan sebagai scrub bersama gula pasir dan minyak kelapa.

6. Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat madu yang satu ini pasti disukai mayoritas wanita. Madu yang punya cita rasa manis ternyata bisa membantu menurunkan berat badan lho.

Meski cita rasanya sangat manis, kadar gula dalam madu lebih sehat ketimbang pemanis biasa. Menjadikan madu sebagai pengganti gula dalam makanan dan minuman bisa membantumu mengurangi asupan kalori harian. Namun konsumsilah madu yang asli bukan madu yang telah tercampur dengan gula atau pemanis buatan.

7. Vitamin Untuk Rambut

Belum cukup dengan kulit wajah dan bibir, madu juga punya khasiat istimewa untuk kesehatan rambutmu. Masker madu yang diaplikasikan pada rambut membuatnya nampak berkilau dan lebih kuat gak mudah rontok.