Sebagian besar orang dituntut untuk menghabiskan waktu di tempat duduk, mulai dari pelajar sampai pekerja kantoran. Namun,  ternyata duduk berlama-lama itu tidak baik bagi kesehatan lho, karena duduk terlalu lama 8 sampai 10 jam dengan posisi yang sama mempunyai risiko penyakit yang tinggi bagi tubuh. Yuk kita pelajari beberapa penyakitnya!

1. Sakit Punggung

Sakit punggung adalah penyakit yang paling sering dirasakan akibat terlalu lama duduk dengan posisi yang sama, sakit punggung biasanya dirasakan pada bagian bawah atau pada bagian tulang belakang secara keseluruhan. Kondisi ini disebabkan karena otot menjadi kaku karena duduk terlalu lama.

2. Gangguan Fungsi Metabolik

Duduk terlalu lama sampai berjam-jam juga dapat mengganggu sistem metabolisme yang ada pada tubuh. Efek yang ditimbulkan yaitu terjadi penurunan kolestrol dalam tubuh dan berakibat turunnya kesehatan pada tubuh.

3. Meningkatkan Risiko Diabetes

Duduk selama 7 jam dalam sehari bagi wanita mempunyai risiko yang lebih tinggi untuk terkena diabetes tipe 2, disarankan khususnya untuk perempuan agar tidak duduk terlalu lama karena bisa berdampak menurunkan kesehatan.

4. Nyeri Leher

Posisi duduk dengan posisi tegak berjam-jam akan menimbulkan rasa nyeri pada bagian leher, kondisi ini disebabkan karena adanya peradangan pada bagian sendi tulang belakang.

5. Berpotensi Mati Muda

Mati muda juga menjadi salah satu akibat dari duduk terlalu lama dengan posisi yang sama, karena duduk selama berjam-jam akan mengembangkan lemak darah dan juga meningkatkan kadar kolesterol. Penyakit kardiovaskular atau serangan jantung dan juga penyakit lainnya yang bisa menyebabkan kematian juga bisa menyerang anda jika anda duduk terlalu lama pada posisi yang sama.

6. Bahaya Terhadap Jantung dan Pankreas

Ketika seseorang duduk terlalu lama, aliran darah pada pembuluh darah pada tubuh lebih lambat sehingga semakin sedikit lemak tubuh yang terbakar. Sehingga asam lemak dengan mudah menyumbat jantung dan membahayakan bagi kesehatan jantung.

Duduk terlalu lama juga menyebabkan menurunnya kemampuan tubuh untuk merespon insulin, semakin lama duduk seseorang maka akan menyebabkan pankreas memproduksi insulin dalam jumlah berlebih yang kemudian menyebabkan menyakit diabetes.

7. Menyebabkan Obesitas

Ketika kadar tigliserida didalam tubuh tidak banyak dikonversi menjadi energi dan meningkatkan kadar kolestrol, duduk terlalu lama dapat berdampak obesitas atau kelebihan berat badan. Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa orang yang mengalami obesitas memang duduk lebih lama sekitar 2,5 jam dibandingkan orang yang berat badannya normal.

8. Terjadi Penurunan Pada Kemampuan Otak

Ketika otak lelah dalam bekerja karena duduk terlalu lama, hal ini tidak adanya asupan darah dan oksigen segar ke dalam otak, bergerak juga dapat mengeluarkan hormon yang mencegah stress dan meningkatkan mood seseorang, saat tubuh terlalu lama berdiam di satu tempat tanpa pergerakan, otak justru akan bekerja lebih lambat dari biasanya.