Kini kian banyak orang yang memperlakukan yoga sebagai kebutuhan utama, bukan semata gaya hidup. Disiplin ini diyakini banyak orang bermanfaat bagi kesehatan fisik dan psikis.

Yoga adalah aktivitas olah tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Postur atau rangkaian gerakan dan pernapasan adalah dua komponen utama yoga.

1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Stres dan kecemasan bisa melanda siapa saja, pria wanita, besar kecil, pegawai kantoran, atau ibu rumah tangga. Nah, ketika mulai dilanda perasaan cemas dan stres siapkan waktu, tikar atau matras, segera temukan studio lokal yang mengajarkan yoga. Yoga akan menguras segalanya, termasuk perasaan cemas dan depresi.

2. Meredakan Ketegangan Otot

Apabila selama ini otot-otot Anda ketat akibat banyak bekerja atau beraktivitas atau salah tidur sehingga posisi leher Anda tak nyaman, itu berarti Anda membutuhkan yoga. Yoga juga dapat membantu menghilangan kelelahan dan merasa sakit lantaran mengenakan sepatu berhak tinggi atau sakit akibat membungkuk terlalu lama di kantor.

3. Membantu Kesadaran Berdiet

Bagi yang memiliki tubuh besar dan ingin diet tapi selalu gagal, saatnya Anda melakukan yoga. Yoga membantu memfokuskan pikiran untuk bisa berkomitmen melakukan diet dengan kesadaran, bukan karena paksaan.

4. Terapi Menenangkan Diri 

Dengan beryoga Anda tidak hanya membakar 400 kalori. Sebuah studi memaparkan, yoga dapat menurunkan kortisol atau hormon stres, dan mengaktifkan sistem saraf yang memiliki efek menenangkan diri.

5. Meningkatkan Kesuburan

Sama halnya darah, hormon-hormon reproduksi juga diaktifkan kembali sehingga meningkatkan kemungkinan untuk memeroleh keturunan. Tak hanya itu, yoga pun memengaruhi kualitas kehidupan seksual Anda dan pasangan. Dengan otot yang lentur berkat yoga, tubuh Anda lebih fleksibel untuk mengeksplor posisi bercinta yang menantang.

6. Mencegah Insomnia

Mungkin bukan hal yang baru, tapi inilah manfaat yoga. Jika Anda adalah seseorang yang mengalami insomnia, maka sebaiknya Anda mengikuti yoga dari sekarang. Sebab, yoga dapat merileksasi pikiran sehingga Anda menjadi lebih tenang, tidak cemas, tidak khawatir, serta menstabilkan suhu tubuh yang akan membuat Anda mendapatkan kualitas tidur baik.