Mencium aroma jeruk nipis sangatlah menyegarkan. Itulah sebabnya jeruk ini banyak diolah menjadi makanan atau minuman yang cocok untuk dikonsumsi saat udara sedang panas. Dan berbicara tentang nutrisi, jeruk nipis Ada banyak kandungan penting dalam jeruk nipis yang berguna untuk menurunkan berat badan seperti vitamin C, manfaat potassium dan juga asam folat yang sangat ampuh untuk mengurangi lemak dalam tubuh anda.

Selain itu, kandungan limonin dalam jeruk nipis juga baik untuk mencegah sel hati memproduksi zat apo B yang merupakan senyawa berhubungan dengan kolesterol dalam darah. Apabila produksi zat apo B ini terlalu berlebihan dan tinggi, maka secara otomatis kadar kolesterol juga akan meningkat dan akhirnya juga berpengaruh terhadap berat badan berlebih. Berikut Manfaat dari jeruk nipis:

Menurunkan Berat Badan

Jeruk nipis merupakan buah yang sangat baik untuk membakar lemak dalam tubuh. Kandungan asam yang tinggi akan meluruhkan lemak yang dikonsumsi secara mudah sehingga sangat disarankan untuk di konsumsi sehari hari khususnya sesudah menyantap berbagai makanan tinggi akan lemak dan kolesterol tinggi seperti gorengan, gulai, kari dan sebagainya.

Detoksifikasi Tubuh

Manfaat jeruk nipis lainnya untuk diet sehat adalah mengandung detoksifikasi yang sangat ampuh dimana jeruk nipis akan mengeluarkan berbagai zat beracun yang tidak dibutuhkan tubuh dengan mudah termasuk penumpukan lemak dan kotoran dalam usus. Pencernaan akan jauh lebih lancar dan akhirnya kesehatan tubuh bisa dijaga dengan baik.

Menurunkan Kolesterol

Jeruk nipis kaya akan flavonoid. Flavonoid bertindak sebagai anti-oksidan kuat. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

Mengurangi Rasa Lapar

Jeruk nipis yang di konsumsi secara langsung akan membuat perut terasa kenyang lebih lama sebab peran jeruk nipis sebagai polisakarida non pati yang berhubungan dengan tingginya serat dalam buah jeruk nipis. Mengkonsumsi jeruk nipis secara teratur khususnya sesudah makan berat sangat baik untuk mengontrol lambung agar kenyang lebih lama sehingga mencegah anda mengkonsumsi makanan ringan dan akhirnya berat badan bisa turun dengan mudah.

Membakar Lemak

Kandungan asam sitrat atau citric acid dalam jeruk nipis adalah xat antioksidan yang sangat tinggi dimana asam sitrat adalah pemberi rasa asam pada beberapa jenis buah. Zat asam ini sangat membantu dalam meningkatkan metabolisme lemak dan mengubahnya menjadi sumber energi. Lemak tubuh yang tidak dapat di metabolisme akan menumpuk dan menambah berat badan. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah ini akan membakar atau memetabolisme lemak dalam tubuh sehingga disarankan untuk di konsumsi dalam menu program diet.

Mencegah Kanker

Menumpuknya lemak dalam tubuh juga berpengaruh terhadap risiko salah satu penyakit paling mematikan di dunia yakni kanker. Kanker yang merupakan pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkontrol dan berkembang di beberapa area tubuh seperti paru paru, payudara dan juga ginjal akan meningkatkan risiko kanker. Sifat antioksidan tinggi dalam jeruk nipis ini sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan pertumbuhan sel sehat sekaligus memperbaiki sistem kekebalan tubuh sebagai solusi kanker terbaik.