Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh bugar? Setiap orang pasti ingin memilikinya, termasuk Anda, bukan? Pasalnya, ketika tubuh bugar maka sederet penyakit berbahaya tidak akan menyerang tubuh. Selain itu, dengan kondisi tubuh yang bugar, segala aktivitas fisik akan terasa mudah dan tidak melelahkan. Berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa tubuh Anda sedang tidak bugar. Apa saja tanda-tanda tersebut?

1. Kehabisan Napas

Naik tangga satu lantai saja rasanya seperti habis lari 1 kilometer. Mudah kehabisan napas dan terengah-engah setiap menaiki tangga, adalah tanda kalau tubuhmu tidak bugar. Jadi, jangan malas untuk melakukan olahraga kardio yang memacu kerja jantung, ya.

2. Otot Kaku Saat Olahraga

Otot kaku bikin fleksibilitas tubuh berkurang. Hal ini membuat kamu malas bergerak karena melakukan aktivitas sederhana pun akan terasa berat. Solusinya, kamu mesti banyak berolahraga, karena tubuh kaku ini diakibatkan oleh kondisi otot yang jarang dilatih.

3. Detak Jantung Susah Melambat

Bila berolahraga, otomatis detak jantung akan meningkat untuk memompa oksigen ke seluruh tubuh, terutama paru-paru dan sejumlah otot sebagai penunjang aktivitas. Idealnya, detak jantung saat berolahraga berkisar antara 140 s/d 190 detak per menit. Saat kita beristirahat, normalnya detak jantung akan turun sekitar 20 detak per menit hingga mencapai batas normal. Sayang, saat tubuh tidak bugar, proses penurunan detak jantung itu lebih lambat.

4. Mudah Lelah

Walaupun olahraga merupakan aktivitas fisik yang membutuhkan tenaga lebih banyak dan melelahkan, bukan berarti mereka yang berolahraga secara rutin akan mudah lelah. Sebaliknya, mereka justru tetap bertenaga dan bersemangat sepanjang hari.

5. Cenderung Menyukai Makanan Manis

Bila Anda tergolong yang selalu mencari makanan manis dan berulang kali mencari cemilan, maka mungkin ada sesuatu yang salah dengan kebugaran Anda. Cobalah berolahraga teratur dan Anda akan merasakan berkurangnya nafus makan atau keinginan untuk menyantap makanan manis.