Daging merah memang nikmat dijadikan aneka santapan, enggak melulu disajikan sebagai steak, daging yang memiliki rasa gurih khas ini bisa kita masak menjadi burger, sandwich, isian pada onion ring, atau campuran pada tumisan agar terasa istimewa. Protein yang terdapat dari daging merah mengandung semua asam amino yang diperlukan untuk membangun otot dan memperbaiki jaringan. Massa otot sangat penting bagi kemampuan untuk mengaktifkan fisik.

Selain itu juga menghasilkan enzim dan hormon yang membantu mencegah penyakit. Protein juga dikaitkan dengan penurunan berat badan, karena memuaskan rasa lapar dan membuat Anda puas selama berjam-jam setelah makan.

Nah, selain lezat, ternyata daging sapi juga memiliki beberapa manfaat yang menguntungkan tubuh kita, lho! Seperti beberapa di bawah ini:

Sumber Energi dan Protein

Mengonsumsi daging merah akan mengisi separuh kebutuhan protein yang dibutuhkan orang dewasa, sekalipun sedang diet. Dari daging merah ini, Anda mendapatkan asam amino yang berguna untuk membangun otot dan memperbaiki kerusakan jaringan tubuh. Energi yang terbentuk pun akan menghasilkan enzim dan hormon yang menjadi tameng ketika penyakit akan masuk ke dalam tubuh.

Sumber Mineral

Dari berbagai zat gizi yang terkandung dalam daging, kandungan zat besi, zinc, juga seleniumnya tak boleh disepelekan. Zat besi membantu pembentukan sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Sementara itu zinc membantu pembentukan jaringan dan metabolisme. Selenium sendiri berperan dalam memecah lemak dan zat-zat kimia dalam tubuh.

Kaya Akan Vitamin

Kita bisa mendapatkan vitamin A, B, dan D dalam daging. Vitamin tersebut bukan cuma menyehatkan penglihatan tetapi juga menguatkan gigi, tulang, serta menyokong sistem saraf. Manfaat lain dari konsumsi daging adalah menjaga kesehatan kulit dan mental.

Menjaga Berat Badan Ideal

Seperti di jelaskan di awal daging sapi mengandung banyak protein. Untuk itu, memakan daging sangat disarankan untuk orang-orang yang sedang diet, karena kalori bisa terbakar oleh protein yang mampu meningkatkan metabolisme dan menahan rasa lapar. Pilihlah daging sapi dengan lemak yang sedikit atau non-lemak, agar diet lebih maksimal.

Membantu Fungsi Jantung

Dengan porsi yang tepat, daging sapi tanpa lemak sangat baik untuk kesehatan jantung. Memakan daging sapi dengan olahan yang tepat, seperti direbus atau dipanggang, dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Menjaga Massa Otot

Sama seperti kebanyakan daging hewan, daging sapi juga merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Daging sapi mengandung semua jenis asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh, dan sering disebut sebagai sumber protein lengkap. Mengonsumsi daging sapi secara teratur, dapat mempertahankan massa otot. Massa otot yang terjaga, bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit sakropenia.