Menjaga diri tetap sehat dan fit pada trimester pertama kehamilan adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan bagi calon buah hati.

Meskipun saat awal kehamilan Anda akan merasakan beberapa ketidaknyamanan dan juga morning sickness tapi Anda harus tetap aktif bergerak agar badan terasa lebih segar dan fit.

Olahraga juga akan membantu Anda mengatur kenaikan berat badan dan membuat Anda lebih siap untuk melahirkan. Olahraga saat hamil memiliki manfaat luar biasa, bisa membantu Anda mengatur kenaikan berat badan, mempersiapkan untuk menahan lebih banyak berat badan, dan membuat tubuh lebih siap melahirkan. Masalah perubahan mood yang sering naik turun juga bisa ‘diperbaiki’ dengan  olahraga. 

Tetapi perlu diperhatikan, aturan paling penting olahraga untuk ibu hamil muda adalah memperhatikan batasan pada energi Anda dan untuk menghindari jatuh. Pastikan juga dokter mengetahui olahraga apa yang dilakukan, dan bicarakan dengan mereka tentang hal baru yang Anda mulai.

Apa saja sih olahraga yang aman bagi ibu hamil trimester pertama? Simak ulasan hawa gym berikut ini:

Pilates

Pilates dapat membantu Mama mengatasi dua masalah yang akan dirasakan pada awal kehamilan yaitu masalah keseimbangan dan nyeri punggung bagian bawah serta nyeri tulang ekor. Pilates membantu memperbaiki otot melalui serangkaian gerakan dengan berbagai alat bantu. Biasanya instruktur akan mengajarkan cara membangun kekuatan pada sesi pertama. Setelah itu baru Mama akan belajar keseimbangan.

Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga terbaik yang dapat dilakukan untuk Bunda selama kehamilan. Sebab olahraga ini bisa membangun kekuatan dan keseimbangan, menjaga otot tetap lentur, mengurangi tekanan darah, dan mengajarkan mengelola pernapasan yang membantu proses persalinan. Jika sebelumnya Bunda sudah melakukan yoga sebelum hamil, maka pertahankan. 

Aerobic Ringan

Senam aerobik baik dilakukan selama kehamilan karena dapat melancarkan peredaran darah, meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, melatih kekuatan otot kaki dan tangan serta belajar pernapasan. Aerobik juga bisa membakar kalori yang ada di tubuhmu. Tetap hindari gerakan yang diperkirakan membahayakan janin.

Kegel

Latihan Kegel memperkuat otot-otot di dasar panggul. Kenapa perlu latihan ini? Bakhsi mengungkapkan, tubuh Anda memproduksi hormon yang disebut relaksin selama kehamilan. Hormon ini melembutkan sendi dan ligamen yang membuat proses kelahiran lebih mudah.