Kekurangan gizi adalah salah satu tanda dimana tubuh Anda tidak mendapatkan nutrisi yang mencukupi untuk kesehatan tubuh. Mungkin selama ini Anda mengira bahwa hanya orang yang bertubuh kurus saja yang kekurangan gizi. Namun nyatanya, orang gemuk pun bisa mengalami kekurangan gizi.

Ciri-ciri kurang gizi klasik yang paling umum muncul termasuk kepala yang terasa berkunang atau sindrom 3L — letih, lemah, lesu. Apa saja ciri-ciri kurang gizi yang harus Anda waspadai?

Tulang Lemah

Tulang yang lemah dapat menjadi salah satu tanda dari tubuh kekurangan gizi atau nutrisi penting seperti vitamin A, C, D, K, kromium, Zinc, magnesium, dan molibdenum. Dalam kasus yang ekstrim, tulang lemah dapat menyebabkan rakhitis pada anak-anak dan oesteomalacia pada orang dewasa.

Kulit Pucat

Kulit putih adalah incaran banyak orang, tapi lain ceritanya dengan kulit pucat kusam yang menandakan Anda kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi menyebabkan ukuran sel darah merah jadi menciut, lebih sedikit, dan tidak dipenuhi oleh hemoglobin. Hasilnya, rona warna kulit jadi memucat dan kusam, terutama di daerah lapisan kelopak mata dan dinding dalam pipi.

Masalah Pencernaan

Kesehatan pencernaan Anda juga ditentukan oleh asupan gizi Anda.Pencernaan yang buruk dapat menyebabkan sejumlah masalah seperti sembelit, kembung atau diare. Hal ini terkait dengan kurangnya nutrisi seperti vitamin B11, B8 , B12, C, D, E, K, selenium, magnesium, atau seng.

Jerawatan

Jerawat terjadi ketika bakteri berkembang biak di dalam pori-pori yang tersumbat oleh minyak, kotoran, dan sel kulit mati. Tapi ternyata kurang gizi, terutama omega-3, juga bisa membuat Anda lebih gampang jerawatan dan lebih sulit dihilangkan. Asam lemak omega-3 memiliki sifat anti-peradangan yang kuat.

Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Sesekali mengoles lipbalm saat bibir terasa kasar tidak masalah. Tapi jika bibir tampak sangat kering dan pecah-pecah jadi terasa sakit, bahkan timbul keretakan di kedua sudut bibir, ini bisa menandakan tubuh Anda kekurangan vitamin B2 (riboflavin). Sejumlah porsi kecil dari vitamin ini yang ada dalam tubuh biasanya cukup untuk pemakaian dalam beberapa minggu, sehingga gejala defisiensi akan mulai muncul begitu cadangannya sudah sangat menipis.

Sumber Foto: Google.com

Rambut Menipis

Rambut rontok adalah wajar. Pada umumnya rambut bisa rontok hingga 50-100 helai per hari. Tapi penipisan yang berlebihan bisa menjadi pertanda tubuh Anda tidak cukup nutrisi. Kekurangan vitamin C dan protein dapat menyebabkan penipisan, rambut rapuh mudah patah/bercabang, dan/atau rontok dengan mudah. Itu karena kedua vitamin ini membantu Anda membuat kolagen — salah satu nutrisi penting untuk menjaga pertumbuhan rambut sehat dan kuat.

Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat membantu Anda untuk tetap sehat dan mampu menghalau berbagai macam serangan penyakit. Namun ketika sistem kekebalan tubuh Anda menurun karena kekurangan gizi seperti vitamin A, C, D, E, kromium, selenium, magnesium, dan seng maka tubuh Anda akan lemah.