Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sangat mematikan. Pastilah Anda tidak ingin mengalami penyakit ini, bukan? Maka dari itu cegah dari sekarang. Salah satu cara mencegah kemunculannya adalah dengan rajin mengonsumsi makanan sehat untuk jantung. Sejak dini hindari mengonsumsi makanan kaya kolesterol jahat dapat meningkatkan risiko penyumbatan saluran darah yang dapat berujung kepada serangan jantung. Demi menghindari risiko terkena penyakit jantung, kamu tentu perlu menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat, olahraga teratur, dan tidak merokok.

Untuk menyehatkan jantung dan membantunya bekerja dengan kuat, senyawa fitonutrien yang terdapat pada sayur dan buah bisa bermanfaat. Senyawa ini membantu melindungi tumbuhan dari kuman, jamur, dan hama pengganggu. Sedangkan bagi manusia, senyawa ini dapat membantu tubuh bekerja dengan baik. Banyak penelitian menunjukkan bahwa makanan dapat mempengaruhi perkembangan penyakit jantung, bahkan 70% kasus penyakit jantung dapat dicegah dengan pemilihan makanan yang tepat. Berikut ini, kami merekomendasikan beberapa makanan sehat untuk jantung Anda:

Rempah-Rempah

Makanan sehat untuk jantung yang pertama adalah rempah-rempah. Bila kamu menambahkan rempah-rempah ke masakan sebagai pengganti garam, kamu sudah membuat pilihan tepat untuk jantung. Rempah menambahkan rasa tanpa memberi efek buruk. Menambahkan banyak bumbu non garam adalah cara lezat untuk jantung sehat.

Sumber Foto: Google.com

Ikan Salmon

Ikan salmon sangat dikenal sebagai makanan yang banyak mengandung asam lemak omega-3. Zat ini terbukti baik untuk kesehatan jantung, bahkan ketika seseorang memiliki hasil pemeriksaan jantung dengan indikator kimiawi yang buruk, bisa diperbaiki olehnya. Selain itu, ikan salmon juga kaya akan selenium yang dapat meningkatkan perlindungan pada sistem kardiovaskular.

Kacang Almond

Jenis kacang-kacangan lainnya yang dapat dijadikan sebagai makanan sehat untuk jantung adalah kacang almond. Mengapa? karena kacang almond mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Sumber Foto: Google.com

Oatmeal

Oatmel merupakan biji-bijian yang banyak mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Itulah sebabnya, oatmel juga merupakan makanan yang menyehatkan jantung karena khasiatnya yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Edamame

Anda mungkin sudah pernah melihat kacang ini sebagai hidangan pembuka di restoran Jepang. Edamame adalah kata dalam bahasa Jepang untuk kedelai. Proteinnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Secangkir edamame juga memiliki 8 gram serat yang menyehatkan jantung, setara dengan empat potong roti gandum.

Sumber Foto: Google.com

Ubi Jalar

Ganti kentang dengan ubi jalar. Dengan indeks glisemik rendah, ubi tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah dengan cepat. Makanan ini juga memiliki serat, vitamin A, dan lycopene.

Yoghurt Rendah Lemak

Produk susu identik dengan makanan yang baik untuk tulang. Namun, produk susu juga dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Yogurt, misalnya, kaya akan kalsium dan kalium. Untuk benar-benar meningkatkan manfaat kalsiumnya dan mengurangi asupan lemak, pilih yoghurt rendah lemak

Susu Kedelai

Susu kedelai mengandung senyawa isoflavon organik yang tinggi dan terbukti membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Tidak seperti susu hewani lainnya, susu kedelai tidak mengandung kolesterol dan juga rendah lemak. Makanan sehat untuk jantung ini juga mengandung niacin yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Sumber Foto: Google.com

Apel

Mengonsumsi 1-2 apel per hari diyakini dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Apel efektif mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan membantu mengatur gula darah. Hal ini karena selain mengandung fitonutrien, apel juga mengandung senyawa lain yang baik untuk jantung, yaitu epicatechin. Zat ini adalah senyawa yang kaya akan antioksidan dan dapat membantu mengurangi tekanan darah.