Jika pada artikel sebelumnya membahas apa saja nih yang menjadi tanda haid kamu normal serta tidak normal, dan apa penyebabhaid terasa nyeri berlebihan saat tiba “datang bulan”. Maka pada artikel kali ini akan membahas mengenai apa saja makanan yang dapat meredakan nyeri haid yang berlebihan:

1. Sayuran Hijau

Perempuan terkadang mengeluarkan banyak darah di hari-hari pertama haid. Sehingga mereka membutuhkan nutrisi yang tersimpan seperti zat besi, magnesium, dan potasium. Itulah mengapa di saat haid, perempuan sering lelah, pusing, gangguan penglihatan, dan lainnya. Makan sayuran hijau baik bagi tubuh. Misalnya saja batam. Bisa dimakan dengan mencampur bayam di mangkuk bersama buah dan yogurt pada pagi hari.

2. Air Hangat

Air hangat mampu mendetoksi tubuh dengan baik dan membuat aliran darah menjadi lebih lancar tak terkecuali saat sedang haid. Selain dapat meredakan nyeri haid, konsumsi air hangat selama menstruasi juga dapat meredakan kembung, keluhan yang juga kerap dialami saat sedang haid.

3. Teh

Teh adalah sumber mangan lainnya, menurut Johnson, meski harus dihindari karena kafein dapat menyebabkan rasa ketidaknyamanan lebih besar saat menstruasi. Sebagai alternatif dapat mengkonsumsi teh jahe, bisa untuk meredakan mual dan kembung, dan teh kamomil yang dapat mengurangi kejang otot dan ketegangan, yang bisa menyebabkan kecemasan.

4. Cokelat

Cokelat hitam kaya dengan kokoa. Cokelat hitam juga bisa memperbaiki mood karena mengandung antioksidan dan serotonin sehingga membuat perasaan bahagia. Seringkali perempuan sensitif saat sedang haid. Makan cokelat sebagai dessert juga baik saat haid.

5. Ikan

Ikan kaya dengan asam lemak jenuh omega-3. Tentu baik untuk kesehatan. Selama haid, omega-3 akan membuat otot menjadi lebih rileks dan stabil. Tentu bisa mengurangi nyeri dan kram. Baiknya dikonsumsi saat malam hari bersama sayuran hijau.

6. Nanas

Sebuah laporan dari Dr. Phyllis Johnson, Pusat Nutrisi Manusia Departemen Pertanian AS, menemukan bahwa wanita muda yang kurang asupan mangan mengalami peningkatan aliran menstruasi hingga 50 persen. Johnson menyarankan agar perempuan yang mengalami nyeri saat menstruasi mengkonsumsi mangan, seperti yang terkandung dalam buah-buahan, terutama nanas. Nanas juga mengandung bromelain tinggi, enzim yang bisa membantu mengendurkan otot dan mencegah kram menstruasi.