Buat ibu hamil, menginjak usia 20 minggu biasanya sudah merasakan perubahan badan dan banyak keluhan-keluhan yang dirasakan. Selain perut semakin membesar, berat badan ibu hamil juga akan semakin bertambah. Namun tenang ya buk, tetaplah beraktivitas seperti biasanya saja. Ada begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari berlatih prenatal yoga atau yoga hamil, namun pastikan bila ini kali pertama Anda berlatih yoga dan merasa kelelahan saat mencobanya, jangan lupa untuk rehat sejenak di sela-sela latihan Anda. Tak perlu terburu-buru saat berlatih, karena dalam berlatih yoga yang terpenting adalah Anda merasa nyaman dan rileks sesaat dan sesudah berlatih, sehingga manfaat yoga di kala hamil akan terasa. Apa saja manfaat utama dari prenatal yoga? Lihat uraian berikut.

1. Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

Perut semakin besar, pinggang pegal, kaki pegal, dan belum lagi dada merasakan kesulitan nafas kalau malam hari. Dengan melakukan rutin gerakan yoga dan senam hamil yang ringan setiap hari, membuat badan menjadi rileks dan kualitas tidur malam menjadi makin baik. Karena sering banget ibu hamil kalau malam hari susah tidur karena badan pegal semuanya. Nah setelah rutin yoga dan senam hamil, tidur malam jadi nyenyak dan bangun tidur lebih fresh.

2. Belajar Teknik Pernapasan Lebih Baik

Mengapa teknik pernapasan sangat penting di kala Anda berbadan dua? Berlatih teknik pernapasan akan memberikan efek baik tak hanya bagi fisik namun juga bagi mental Anda. Di masa kehamilan, sering kali perubahan hormon yang terjadi tidak hanya mempengaruhi diri Anda secara fisik namun juga membuat emosi atau mood Anda naik turun tanpa alasan. Atau, Anda merasakan kekhawatiran yang berlebihan dan terkadang membuat pasangan Anda kebingungan.

3. Mengendurkan Otot Kaki 

Semakin sering gerak dan melakukan gerakan yoga dan senam hamil, otot yang kaku akan jadi kendor. Hal ini untuk mempersiapkan persalinan nanti, sehingga otot pada kaki bisa rileks saat mengejan nanti.

4. Menjalin Ikatan Mendalam Dengan Jabang Bayi

Saat berlatih yoga hamil, banyak sekali gerakan yang membuat bayi merasa nyaman, dan sering kali juga instruktur mengajarkan cara-cara berkomunikasi dengan bayi, misal mengusap perut sebelum memulai yoga dan meminta Anda memberitahukan bayi Anda bahwa Anda dan jabang bayi akan bergerak bersama. Hal ini membuat Anda merasa lebih nyaman saat berlatih dan juga membuat Anda lebih terbiasa berkomunikasi dengan bayi Anda.

5. Mengurangi Keluhan

Selama hamil, dari ujung kepala hingga ujung kaki dikeluhkan semuanya, yang pegel yang sakit yang capek lah. Dengan mengikuti gerakan yoga dan senam hamil, sedikit demi sedikit keluhan pegel dan sakit yang dirasakan ibu hamil akan berkurang. Gak langsung sehari hilang sih, harus rutin agar otot lentur dan gak kaku.