Sumber Foto : www.hawagym.com

Semua orang tahu bahwa olahraga memiliki manfaat yang sangat penting dalam hal menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Dengan kata lain, olahraga memiliki berbagai manfaat di aspek-aspek atau bagian-bagian pada tubuh, termasuk salah satunya ialah kulit. Karena dengan olahraga dapat membuat aliran darah secara umum akan meningkat ke seluruh jaringan termasuk kulit. Secara lebih jelasnya manfaat olahraga untuk kulit, yaitu peningkatan aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi akan membuat sel-sel kulit menjadi lebih sehat. Sedemikian sehingga olahraga dapat menjaga kesehatan kulit, dan juga tubuh pada umumnya.

Berikut beberapa manfaat dari olahraga yang baik untuk kulit (kecantikan kulit) dalam segi kesehatan dan lainnya, antara lain:

1. Berkeringat Saat Berolahraga Bisa Bikin Kulit Jadi Lebih Bersih

Mungkin awalnya Anda akan merasa jijik ketika kulit Anda mengeluarkan banyak keringat. Tapi perlu Anda ketahui, keringat yang keluar saat berolahraga justru membuat kulit Anda jadi lebih sehat dan bersih.

Pada saat Anda berolahraga, kelenjar keringat akan memproduksi banyak keringat yang keluar dari pori-pori kulit. Dengan begitu, kotoran yang terkunci di dalam pori-pori kulit akan terdorong keluar oleh keringat, sehingga pori-pori akan kembali bersih dan segar

2. Menutrisi Kulit

Olahraga seperti latihan aerobik, contohnya jogging, dapat meningkatkan denyut jantung yang kemudian akan berlanjut dalam membantu sirkulasi darah dan mengantarkan lebih banyak nutrisi ke sel-sel kulit. Sedemikian sehingga kulit akan menjadi sehat dengan terpenuhinya kulit oleh nutrisi tersebut. Hal senada juga disampaikan The American College of Sports Medicine sehingga merekomendasikan setiap orang untuk melakukan olahraga selama 30 menit setiap harinya dengan minimal 5 hari dalam seminggu.

3. Olahraga Melancarkan Sirkulasi Oksigen Dalam Darah, Sehingga Kulit Lebih Cerah

Berolahraga sudah tentu membuat sirkulasi darah jadi lebih lancar. Sirkulasi darah yang lancar inilah yang akan membawa banyak dampak positif pada kulit Anda. Bagaimana bisa?

Sederhananya, peredaran darah yang lancar dalam tubuh akan menyuplai oksigen dan nutrisi yang cukup bagi kulit. Apabila kulit menerima suplai oksigen dan nutrisi yang cukup, kulit jadi terjaga kesehatannya. Kulit Anda akan senantiasa lembap dan tampak lebih cerah secara merata. Rutin melakukan olahraga ringan setiap hari akan membawa dampak positif bagi kesehatan kulit.

4. Mengurangi dan Mencegah Jerawat

Olahraga yang rutin dan teratur juga bermanfaat untuk mengurangi serta mencegah munculnya jerawat pada kulit. Hal ini dikarenakan dengan melakukan olahraga dapat membantu untuk mengontrol produksi hormone DHEA dan DHT yang menjadi pemicu timbulnya jerawat di kulit, terutama bagian wajah. Selain itu, jerawat dapat muncul karena Anda sedang mengalami stress, maka dengan cara olahraga yang juga dapat membantu menghilangkan stress akan meminimalisir kemungkinan jerawat untuk muncul di kulit.

5. Merangsang Produksi Kolagen

Kolagen merupakan zat yang berfungsi sebagai pengisis sel kulit untuk membuat kulit menjaga lebih kencang dan kenyal. Dengan bertambahnya usia, produksi kolagen di dalam tubuh akan mengalami penurunan dan berkurang sehingga mengakibatkan kulit menjadi kering dan berkerut. Oleh karena itu, dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur dapat merangsang tubuh untuk mengproduksi kolagen yang penting bagi kulit ketika sudah mengalami penurunan dengan bertambahnya usia. Hal ini dikarenakan saat olahraga sel kulit akan mendapatkan oksigen dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatannya.

6. Sebagai Facial Alami

Olahraga yang rutin dan teratur juga dapat dijadikan sebagai facial alami untuk kulit. Hal ini dikarenakan ketika sedang melakukan olahraga pori-pori akan membesar sehingga mampu mengeluarkan minyak, debu, dan kotoran lainnya yang biasanya terjebak di dalam kulit. Supaya olahraga menjadi facial alami yang lebih maksimal, maka disarankan untuk tidak menggunakan make up atau lotion kulit saat olahraga. Ini dilakukan agar minyak, debu, dan kotoran lain yang harusnya keluar justru tidak terhalang karena adanya make up atau lotion kulit tersebut.