Beras merah sering digunakan sebagai menu diet sehat untuk menurunkan berat badan serta bagi penderita diabetes. Beras merah memang termasuk ke dalam jenis makanan pokok yang mengandung karbohidrat di dalamnya. Beras merah biasa di makan seperti nasi putih yang umumnya dikonsumsi orang Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, penduduk Indonesia mulai menyadari keunggulan beras merah dibandingkan beras biasa yang digunakan sebagai makanan pokok. Nasi putih memang memiliki rasa yang lebih enak daripada nasi merah namun, beras merah mengandung zat gizi baik yang tidak dipunyai nasi putih. Berikut ini akan saya kupas tuntas mengenai kandungan dan manfaat beras merah.

Sumber Foto : Google.com

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

1. Menurunkan Berat Badan

Banyak orang yang sudah banyak merasakan keampuhan beras merah untuk menurunkan badan. Selain karena rendahnya kandungan kalori pada beras merah akan sangat efektif membantu anda mencegah perut buncit atau kelebihan kalori. Bagaimana beras merah melakukannya?? Kandunga karbohidrat kompleks beras merah akan menyuplai energi secara berkala pada tubuh sehingga perut tidak cepat merasakan lapar. Jika mengkonsumsinya ditambahkan juga dengan manfaat buah apel pada menu makanannya, program diet pun akan menghasilkan bentuk tubuh yang indah dan sangat efektif.

2. Mencegah Obesitas

Ini manfaat beras merah bagi kesehatan yang kedua. Beras merah berperan dalam mengontrol berat badan bagi orang yang memerangi obesitas. Ini mengandung mangan yang membantu mensintesis lemak tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan dalam hal ini mengungkapkan bahwa konsumsi biji-bijian utuh seperti beras merah memiliki efek positif pada tubuh sehubungan dengan pengurangan indeks massa tubuh (IMT) dan lemak.

3. Sehat Untuk Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada beras merah juga menyehatkan pencernaan sehingga menghindari permasalahan kesehatan yang dapat muncul di kemudian hari. Jadi mulai saat ini konsumsilah makanan alami untuk menjaga kesehatan jangka panjang. Serat ini sangat baik untuk usus dan membantu lancarnya metabolisme tubuh.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat beras merah bagi kesehatan yang keempat adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung. Beras merah kaya akan selenium yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Konsumsi biji-bijian seperti beras merah membantu mengurangi penyumbatan arteri karena penumpukan plak. Tindakan pelindung ini mengurangi risiko gangguan jantung seperti hipertensi tinggi dan penyakit vaskular. Studi yang dilakukan dalam hal ini menunjukkan bahwa jaringan di sekitar butir beras merah mengandung komponen yang bekerja melawan protein endokrin angiotensin II, yang memainkan peran utama dalam perkembangan tekanan darah tinggi dan atherosclerosis.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat beras merah bagi kesehatan adalah meningkatkan kesehatan tulang. Memang benar, beras merah sangat membantu untuk pemeliharaan tulang yang sehat. Kaya akan magnesium dan kalsium, yang dapat menyediakan struktur fisik tulang. Kandungan beras merah yang kaya magnesium mencegah demineralisasi tulang dan bermanfaat untuk kondisi medis seperti arthritis dan osteoporosis.