Jika Anda penggemar ubi, jangan lewatkan untuk mencicipi kelezatan ubi ungu, dan siap-siap ketagihan dengan makanan satu ini. Pasalnya, ubi ungu memiliki tekstur lembut, legit dan rasa yang manis. Selain enak, ubi ungu ternyata juga kaya akan nutrisi dan mineral yang baik untuk tubuh. Apabila Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, ubi ungu wajib dimasukkan ke dalam daftar menu diet. Simak manfaat ubi ungu selengkapnya di bawah ini.

Manfaat ubi untuk menurunkan berat badan

1. Kaya akan serat

Ubi yang masih lengkap dengan kulitnya merupakan salah satu makanan yang tinggi serat. Bahkan dibanding dengan kentang, ubi lebih tinggi kandungan seratnya.

Dalam satu buah ubi ukuran sedang mengandung 4 gram serat. Jumlah tersebut sudah memenuhi 15 persen dari nilai harian asupan serat. Sementara dalam satu buah kentang ukuran sedang hanya mengandung 2 gram serat atau 9 persen dari nilai harian asupan serat. 

Tingginya kandungan serat dalam ubi ungu dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, serat membuat Anda merasa kenyang setelah makan dan mennjaga nafsu makan.

2. Menjaga kesehatan usus

Tak hanya menurunkan berat badan, dengan melakukan diet ubi, Anda akan membantu usus terpelihara dengan baik. Hal ini dikarenakan ubi mengandung prebiotik seperti FOS (Frukto Oligosakarida), inulin, dan raffinosa. Ketiga kandungan tersebut akan dicerna oleh mikroflora usus yang baik, dan hasil cerna itulah yang akan menjaga kesehatan sel usus.

3. Mengandung air yang tinggi

Ubi jalar juga mengandung air yang cukup tinggi yang bisa menjaga kelembapan kulit. Selain itu, kandungan air pada ubi jalar juga bermanfaat untuk menekan rasa lapar dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Dalam 100 gram ubi jalar mengandung sekitar 77 persen air.

4. Mengandung gula alami

Ubi jalar mengandung gula alami sehingga baik untuk tubuh. Sebuah studi di Oregon State University menunjukkan bahwa gula alami yang terkandung di dalam ubi jalar sangat penting dan diperlukan untuk mengaktifkan enzim yang meningkatkan system metabolisme yang kemudian mampu membantu dalam pemrosesan karbohidrat dan lemak.

5. Menurunkan tekanan darah

Selain baik untuk menurunkan berat badan rutin mengonsumsi ubi jalar juga dapat membuat tekanan darah, dapat terkontrol dengan lebih baik. Kandungan kalium dan magnesium yang tinggi pada ubi jalar, mampu untuk mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.

Studi juga menunjukkan bahwa makanan yang mengandung kalium tinggi dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan magnesium yang tinggi pada ubi jalar, dapat digunakan sebagai diet yang efektif untuk mencegah hipertensi pada ibu hamil, maupun kepada orang yang tidak hamil.