Akhir-akhir ini, senam Kegel semakin populer baik di kalangan pria maupun wanita. Awalnya, senam ini lebih dikenal sebagai senam bagi ibu yang baru saja bersalin. Namun, senam Kegel ternyata menawarkan segudang manfaat yang tak hanya baik untuk wanita yang habis melahirkan.

Oleh karena itu, sekarang senam Kegel dianjurkan bagi siapa saja yang ingin melatih atau mengencangkan otot-otot panggul. Jangan khawatir dulu, walaupun disebut sebagai senam, sebenarnya latihan otot ini tidak membutuhkan kekuatan atau ketahanan fisik tertentu. Senam Kegel mudah dilakukan oleh siapa pun di mana saja. Langsung saja simak berbagai manfaat senam kegel:

Sumber Foto : Google.com

Manfaat Senam Kegel Untuk Wanita

Banyak wanita yang sengaja melakukan senam kagel untuk mendapatkan otot panggul yang kuat. Tentu saja ini berkaitan erat dengan kenikmatan bercinta. Selain itu gerakan pada senam ini juga memiliki banyak manfaat yang sangat penting khususnya bagi wanita. Diantaranya adalah:

Memperlancar proses persalinan

Ibu hamil juga dianjurkan untuk melakukan senam kegel agar proses melahirkan menjadi lancar. Kondisi otot panggul yang kuat serta elastis sangat berguna untuk membuka jalan lahir. Jadi proses persalinan akan semakin mudah.

Menjaga kontrol otot

Saat menginjak usia senja, wanita kesulitan untuk mengontrol otot untuk buang air. Kasus yang sering terjadi adalah ketika batuk, bersin, dan tertawa, tidak sengaja keluar air seni dengan sendirinya. Latihan senam kegel bisa sedikit membantu menangani kondisi tersebut agar tidak semakin parah.

Merapatkan vagina

Bagi wanita yang melahirkan secara normal dan pernah melakukan episiotomi atau metode gunting vagina, kondisi vaginanya menjadi mengendur. Dengan melakukan senam kegel, maka jaringan vagina yang mengalami kerusakan akan pulih kembali. Gerakan pada senam tersebut membuat sirkulasi darah ke vagina menjadi lancar. Akibatnya otot vagina akan kembali mengencang secara perlahan.

Mengatasi wasir

Wasir atau ambeien juga bisa diatasi dengan melakukan senam kegel. Mempraktikkan gerakan senam kegel secara teratur bisa membuat aliran darah ke vagina kembali lancar.

Tidak hanya bagi wanita, senam kegel juga memberikan dampak positif bagi pria yang melakukan gerakan tersebut. Otot panggul akan semakin kencang terutama selama berhubungan intim. Selain itu senam kegel juga membantu pengelolaan ereksi serta menunda ejakulasi.