Lemak tubuh tidak bisa dilihat dari ukuran atau bentuk badan seseorang, sebab tidak semua orang kurus bebas dari lemak. bisa saja di dalam tubuh seseorang yang kurus, terdapat tumpukan lemak yang tidak mereka sadari – karena hanya melihat ukuruan tubuh yang kecil. Lemak secara umum memang diperlukan oleh tubuh, terutama sebagai cadangan energi. Tetapi, kehadirannya yang terlalu banyak di dalam tubuh tentu saja akan membahayakan kesehatan Anda.

Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa kadar lemak yang sangat banyak di dalam tubuh menyebabkan penyakit jantung, diabetes mellitus, mengganggu fungsi hati. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memantau kadar lemak yang ada di dalam tubuh Anda. Lalu bagaimana cara mengukur lemak tubuh? Apakah harus menggunakan alat khusus?

Body Fat Percentage

Tubuh manusia terdiri dari dua jenis massa tubuh yakni massa lemak tubuh (body fat) dan massa bebas lemak (fat-free mass), yang mencakup otot, tulang, organ, dan lainnya. Lemak tubuh dapat ditemukan di jaringan otot, di bawah kulit (lemak subkutan), dan di sekitar organ (lemak viseral). Ada juga lemak yang memang diperlukan oleh tubuh, yakni lemak esensial yang memiliki peran dalam melindungi organ-organ di dalam tubuh, menyimpan bahan bakar untuk energi, dan mengatur hormon. Sementara, massa bebas lemak atau sering juga disebut jaringan bebas lemak ini mencakup tulang, otot, organ, air, hingga jaringan. Jadi, body fat percentage adalah persentase jumlah lemak yang ada pada tubuh yang diambil dari keseluruhan komposisi tubuh.

Persentase komposisi tubuh yang ideal adalah ketika persentase lemak tubuh lebih rendah daripada persentase massa bebas lemak.  Namun, persentase lemak tubuh yang dimiliki wanita cenderung lebih banyak daripada persentase lemak tubuh yang dimiliki pria. Berikut ini rata-rata persentase lemak tubuh pada pria dan wanita yang dikutip dari verywellfit.com berdasarkan American Council on Exercise

Rata – Rata Persentase Lemak Tubuh

DeskripsiPriaWanita
Essensial Fat Only2% – 5%10% – 13%
Athletes6% – 13%14% – 20%
Fitness14% – 17%21% – 24%
Average18% – 24%25% – 31%
ObeseLebih dari 25%Lebih dari 32%

Menghitung kadar lemak tubuh

Berdasarkan rumus prediksi yang didapatkan dari sebuah penelitian yang dimuat dalam British Journal of Nutrition, Anda bisa memasukkan nilai IMT untuk mengetahui kadar lemak tubuh. berikut adalah rumus prediksi persentase lemak di dalam tubuh:

  • Laki-laki: (1,20 x IMT) + (0,23 x Usia) – 10,8 – 5,4
  • Wanita: (1,20 x IMT) + (0,23 x Usia) – 5,4

Contoh perhitungannya Body Fat Percentage:

Seorang wanita berusia 23 tahun dengan berat badan 55 kg dan tinggi badan 160 cm, maka

BMI             = 55 : (1,6)(1,6)

                    = 55 : 2.56

                    = 21,4

Maka, nilai BMI wanita tersebut yakni 21,4, berada di kisaran berat badan normal.

Setelah itu, menghitung persentase body fat.

Persentase Lemak Tubuh  = (1,20 x BMI) + (0,23 x Usia) – 5,4

                                               = (1,20 x 21,4) + (0,23 x 23) – 5,4

                                               = 25,6 + 5,29 – 5,4

                                               = 25,4%

Maka, persentase lemak tubuh wanita berusia 23 tahun yang memiliki berat badan sebesar 55 kg dan tinggi badan 160 cm adalah 25% atau masih berada di angka rata-rata.