Anda mungkin sering mendengar atau melihat produk susu yang disebut bisa melangsingkan tubuh. Susu khusus diet tersebut memiliki kandungan kalori yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Hal ini membuat susu diet ini disebut-sebut cepat menurunkan berat badan. Namun, apakah benar minum susu pelangsing ampuh untuk membuat tubuh kita lebih ramping? Kelebihan berat badan sebenarnya terjadi akibat asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh terlalu banyak, alias  Anda terlalu banyak makan. Susu pelangsing dengan kalori yang lebih rendah ini dapat mengurangi asupan kalori Anda dalam satu hari apabila dikonsumsi sebagai pengganti makan, bukan sebagai tambahan.

Manfaat Susu Rendah Lemak atau Susu Penurun Berat Badan :

Menurunkan tekanan darah tinggi
Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi atau ingin mencegah terjadinya hipertensi, cobalah untuk mengonsumsi susu rendah lemak atau susu skim. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran yang dikombinasikan dengan susu rendah lemak yang kaya kalsium dapat menurunkan tekanan darah.

Mencegah diabetes
Susu rendah lemak dan produk turunannya, seperti yoghurt, ternyata memiliki dampak baik untuk mencegah penyakit diabetes tipe 2. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi susu rendah lemak memiliki penurunan risiko sebanyak 32 persen untuk terkena diabetes. Hal ini dikarenakan susu rendah lemak dapat membantu mencegah melonjaknya kadar gula darah, penyebab penyakit diabetes.

Selain itu, karena memiliki kandungan kolesterol yang rendah, susu rendah lemak dan susu skim tentu bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi. Orang dengan kolesterol tinggi harus membatasi jumlah asupan kolesterol, setidaknya kurang dari 200 mg/dL setiap harinya. Dengan mengonsumsi salah satu dari kedua jenis susu ini, Anda bisa tetap mendapatkan kalsium, vitamin D, dan kalium yang terdapat di dalam susu, tanpa khawatir dengan kandungan kolesterol serta lemak di dalamnya.