Sebagai seorang perempuan, pasti kamu sering menghindari paparan sinar matahari. Menyebabkan perubahan warna kulit dan membuat tubuh terasa gerah, menjadi faktor kamu lebih memilih berada didalam ruangan. Padahal, sinar matahari mengandung vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kamu lho. Jika tubuh kurang vitamin D, maka dapat meningkatkan resiko terjadi gangguan kesehatan. Kekurangan vitamin D sering kali sulit terdeteksi karena gejalanya yang tidak spesifik. Padahal, kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah pada tulang, seperti penyakit rakitis dan osteoporosis, serta melemahnya sistem kekebalan tubuh.  

Penyebab Kekurangan Vitamin D

Kekurangan vitamin D atau defisiensi vitamin D adalah kondisi di mana tubuh tidak mendapatkan asupan vitamin tersebut secara cukup. Ini bisa terjadi karena kurang mengonsumsi makanan sumber vitamin D atau jarang terpapar sinar matahari.

Selain itu, ada beberapa kondisi yang juga dapat menyebabkan seseorang mengalami kekurangan vitamin D, yaitu:

  • Menderita gangguan atau penyakit yang dapat menghambat penyerapan vitamin D di saluran cerna, seperti penyakit radang usus dan malabsorpsi.
  • Menderita alergi susu atau intoleransi laktosa.
  • Memiliki warna kulit gelap.
  • Berusia lanjut.
  • Memiliki berat badan berlebih atau obesitas.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya obat antikejang atau pengobatan HIV.
  • Menjalani pola makan vegetarian.

Gangguan Kesehatan Yang Menyerang Anda, Jika Kekurangan Vitamin D :

Menjadi Lebih Mudah Depresi

Vitamin D berperan dalam mengatur hormon serta dapat memengaruhi bagian otak yang menjadi pusat perasaan hati. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin D, tubuh mampu meningkatkan zat kimia pada otak dan dapat menurunkan tingkat stress. Jika kekurangan vitamin D, potensi mengalami depresi menjadi meningkat. 

Meningkatkan Resiko Terkena Penyakit Jantung

Kekurangan vitamin D, beresiko juga mengalami masalah serius didalam sirkulasi darah yang dapat berujung menjadi penyakit jantung. Beberapa teori juga menyebutkan bahwa vitamin D dapat membantu jantung memompa darah lebih efektif. Jadi, jika jumlahnya cukup, maka resiko penyakit jantung akan berkurang.

Tulang Menjadi Lebih Rapuh

Salah satu fungsi vitamin D adalah sebagai satu zat gizi yang membantu pembentukan tulang. Sehingga, dapat  dipastikan jika kekurang vitamin D, akan menganggu fungsi tulang. Vitamin D berperan dalam menjaga jumlah kalsium dan fosfor, yang merupakan mineral penting untuk kesehatan tulang. 

Kekurangan vitamin matahari ini membuat mineral tidak ada yang menjaga dan menyebabkan penurunan. Kemudian ini yang membuat tulang menjadi lebih mudah rapuh, bahkan beresiko osteoporosis.

Nyeri Otot

Tak hanya tulang, vitamin D juga diperlukan untuk otot kita. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan nyeri otot parah, berkurangnya massa otot dan pemulihan otot yang buruk setelah aktivitas fisik yang intens.