Menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehat merupakan hal baik yang harus dimulai sejak dini. Sayangnya, tidak sedikit orang yang kurang memahami tata cara dan persiapan sebuah latihan agar efektif dan aman untuk dilakukan.

Itulah mengapa melakukan persiapan olahraga sangat penting agar hasil dari latihan dapat optimal dan mengurangi risiko cidera. Berikut adalah tips olahraga untuk pemula yang harus dipersiapkan.

1. Perhatikan Langkah Awal dan Konsistensi

Untuk memulai hidup sehat, para pemula biasanya cenderung membutuhkan motivasi lebih agar dapat melakukan langkah awal dan menjaganya tetap konsisten. Jangan terlalu berlebihan untuk latihan di awal, fokuslah pada mendisiplinkan diri.  

2. Keluarlah dari Zona Nyaman

Setelah Anda mulai terbiasa dengan pola latihan yang rutin dan konsisten, Anda akan mulai merasa nyaman dengan tingkat aktivitas tersebut. Saat itu mulai terasa, cobalah untuk keluar dari zona nyaman. Tantang dirimu untuk melakukan hal lebih, misalnya jika Anda terbiasa dengan lari selama 30 menit, tambah menjadi 45 menit atau 1 jam.

3. Perhatikan Asupan Nutrisi

Latihan akan membakar banyak kalori dan mengoptimalkan metabolisme tubuh. Jadi, jangan lewatkan asupan makanan bergizi dengan pola yang teratur. Perhatikan asupan karbohidrat ringan seperti jus, buah, atau yogurt sebagai pasokan energi dalam latihan.

Karbohidrat dapat berperan sebagai bahan bakar yang diperlukan tubuh untuk berolahraga. Nutrisi lain yang penting dipenuhi adalah protein. Protein akan membantu memperbaiki kerusakan jaringan otot dan membantu menaikkan massa otot.

4. Berikan Kesempatan Tubuh Untuk Beristirahat

Sebagai seorang pemula, anda akan membakar kalori secara fisik dan juga mental jika anda latihan tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Untuk itu, berikan kesempatan tubuh anda untuk rehat setelahnya. Salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan waktu istirahat adalah dengan mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas setidaknya 7 sampai dengan 8 jam pada saat malam hari. Untuk itu, hindari terjaga sampai larut malam yang akan membuat tubuh anda tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Bukan hanya itu, terlalu sering terjaga sampai dengan larut malam malah akan membuat anda mudah merasakan stres. Jadi demikian, upayakan untuk tidur lebih awal agar anda dapat bangun lebih segar pada pagi hari.