Berada pada kondisi seperti sekarang, krisis penyebaran COVID-19, ada baiknya untuk tetap menjaga kebugaran tubuh dan juga kebersihan. Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah meningkatkan imun tubuh

Maka dari itu, sistem daya tahan tubuh harus tetap dijaga agar kita bisa terhindari dari kemungkinan tertular atau terjangkit penyakit.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat, yakni dengan mengonsumsi makanan tertentu.

1. Jeruk

Banyak orang selama ini langsung mencari sumber vitamin C ketika terserang flu. Hal itu dikarenakan, vitamin C memang dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Vitamin C diduga dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi. Sementara, hampir semua buah jeruk kaya akan vitamin C. Buah jeruk yang populer meliputi: Jeruk bali, Jeruk keprok, Jeruk lemon, Jeruk nipis.

2. Paprika merah

Seperti jeruk, papripa termasuk bahan makanan yang juga kaya akan kandungan vitamin C. Jika dibandingkan dengan berat bahan yang sama, paprika merah bahkan mengandung hampir 3 kali lebih banyak vitamin C dari jeruk florida. Paprika juga merupakan makanan sumber beta karoten. Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C berguna juga untuk menjaga kulit agar tetap sehat.

3. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Beberapa di antaranya, yakni: Vitamin A Vitamin C Vitamin E Brokoli juga mengandung serat dan banyak zat antioksidan lainnya sehingga sangat berguna untuk menunjang sistem kekebalan tubuh. Kunci untuk mempertahankan kandungan nutrisi brokoli ini, yaitu dengan mengolah atau memasaknya sesederhana mungkin, seperti hanya mengukusnya.

4. Jahe

Jahe adalah bahan lain yang sering digunakan saat sakit. Jahe dapat membantu mengurangi peradangan, yang dapat membantu mengurangi sakit tenggorokan dan penyakit radang lainnya dan membantu mengurangi mual.

5. Yogurt

Yogurt dapat merangsang sistem kekebalan tubuh Anda untuk membantu melawan penyakit. Cobalah untuk mengonsumsi yogurt tawar daripada jenis-jenis yang sarat dengan gula.

Anda bisa memaniskan yogurt tawar dengan buah-buahan sehat dan madu. Yoghurt juga bisa menjadi sumber vitamin D yang hebat, jadi cobalah untuk memilih merek yang diperkaya dengan vitamin D yang membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan diduga meningkatkan pertahanan alami tubuh kita terhadap penyakit.

6. Bawang putih

Bawang putih bisa ditemukan di hampir setiap masakan di dunia. Bahan makanan ini ternyata tak hanya dapat meningkatkan cita rasa makanan, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Peradaban awal mengakui nilainya dalam memerangi infeksi. Bawang putih juga dapat memperlambat pengerasan pembuluh darah, dan ada bukti lemah bahwa itu membantu menurunkan tekanan darah. Sifat meningkatkan kekebalan bawang putih tampaknya berasal dari konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung belerang, seperti allicin.