Memiliki tubuh ideal seperti langsing, tinggi, dan sehat adalah impian semua orang. Banyak cara ditempuh untuk merealisasikannya. Mungkin juga, salah-salah bisa melakukan diet sembarangan. Bagaimana dampak dari bahaya diet sembarangan?

Diet sembarangan adalah diet yang hanya asal mengurangi porsi makan, lalu juga nggak memerhatikan makanan sehat apa yang harus dikonsumsi, serta nggak dibarengi dengan olahraga teratur. Berat badan kamu mungkin akan cepat turun, tetapi itu bisa menimbulkan penyakit lain pada tubuh. Kira-kira apa saja ya bahaya jika mengkonsumsi diet yang sembarangan? Yuk, simak beberapa poin di bawah ini!

1. Meningkatkan Risiko Kesehatan Jantung

Bahaya diet sembarangan yang lazim mengincar adalah risiko kesehatan jantung. Jantung memompa lebih keras saat diet. Karena, asupan karbohidrat berkurang dan mengandalkan cadangan lemak tubuh sebagai tenaga.

Tidak heran kalau beberapa orang yang diet sering merasakan denyut jantung berdetak lebih cepat dari biasanya.

Ketika jantung memompa lebih keras, maka cadangan lemak juga turut menumpuk di pembuluh darah. Sayangnya, tidak diketahui juga apakah ini lemak baik atau lemak jahat.

2. Menimbulkan Efek Samping pada Perut

Mengonsumsi obat-obatan saat melakukan diet sembarangan, jelas menimbulkan efek samping. Bahaya diet sembarangan yang dialami umumnya sakit atau kram perut. Bahkan, ada juga yang mengalami diare.

3. Efek samping pada psikis

Kecanduan pada menjalani diet juga dapat menyerang psikis kamu. Hal ini bisa menyebabkan depresi karena nggak bisa mencapai target program dietmu padahal kamu sudah melakukannya sampai susah payah. Lelah pada tubuh bisa menjalar hingga ke otakmu.

4. Menimbulkan penyakit lain

Diet ketat dan sembarangan bisa menimbulkan penyakit seperti maag, asam lambung naik. Diet bukan berarti harus berhenti makan, apalagi banyak orang yang melakukan diet sembarangan dengan melewati sarapan. Justru sarapan adalah hal yang penting karena itu merupakan sumber energimu sebelum beraktifitas seharian. 

5. Kesulitan tidur

Hal ini bisa terpicu dari pil diet yang kamu konsumsi. Kita nggak tahu persis apa saja komposisi yang terdapat di pil tersebut. Bisa saja pil tersebut terdapat kandungan yang memberi efek energi pada tubuh. Sehingga ketika saatnya beristirahat tubuh dan otakmu menolak untuk tidur.

Itulah lima bahaya dari menjalani diet sembarangan. Menjalani program diet juga ada prodesurnya lho, Sahabat Hawa, Sebaiknya kamu mendapatkan program diet sesuai arahan dari ahli kesehatan dibanding asal menjalani diet namun nggak baik untuk tubuhmu dan rutinlah tetap berolahraga minimal 2 kali dalam sepekan.