Sekilas, zumba dan latihan aerobik dapat membakar kalori dalam jumlah yang berbeda. Namun, Anda bisa membakar lebih banyak kalori dari zumba dengan lebih banyak bergerak, memperluas jangkauan tangan, dan melakukan variasi gerakan lainnya.

Zumba adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Olahraga ini juga melatih otot tubuh secara keseluruhan dengan cara yang menyenangkan. Meski demikian, latihan aerobik juga memiliki keunggulan tersendiri.

Beberapa jenis latihan aerobik dikhususkan untuk melatih otot tertentu. Contohnya, bersepeda melatih otot kaki dan mendayung melatih otot lengan. Dengan melakukan olahraga aerobik, Anda bisa mengoptimalkan fungsi jantung dan otot-otot ini.

1. Aerobik

Tak dipungkiri, inilah jenis olahraga yang sering kita dengar dam banyak dilakukan oleh banyak orang. Mengapa sih olahraga ini ngetop dan banyak dilakukan?

Jadi aerobik adalah jenis olahraga senam yang memang ditujukan untuk membentuk otot di beberapa bagian tubuh. Selain itu, senam aerobik juga mampu meningkatkan aliran olsigen menuju jantung.

Kedua efek tersebut alhasil mampu memberikan efek pembakaran kalori yang jauh lebih cepat dan juga, otot-otot seperti di: Paha, perut, pinggang, pinggul, bokong, dada, dan lengan, juga bisa terbentuk dengan sangat cepat. Oleh karenanya, tidaklah mengherankan apabila wanita yang ingin kurus dan memiliki tubuh “kotak-kotak”, rajin banget melakukan olahraga ini.

2. Zumba

Inilah jenis senam yang selama beberapa tahun terakhir, memiliki banyak peminatnya. Kelas inilah yang paling mahal dan ramai banget anggotanya. Dan tidak heran sih. Karena selain memiliki nama yang ear-catchy, daridapa aerobik, senam ini justru jauh lebih banyak membakar kalori tubuh.

Hal ini dikarenakan Zumba adalah olahraga yang menggabungkan elemen olahraga dan elemen tari-tarian latin seperti: Merengue, Cumbia, Salsa, dan juga Hip Hop. Alhasil gerakan yang dihasilkan pun akan jauh lebih lentur.

Dan seperti yang dikatakan sebelumnya, dikarenakan mengandung gerakan unsur tari, gerakan yang dihasilkan pun akan jauh lebih enerjik sehingga mampu dengan cepat membakar kalori dan mengencangkan otot seperti di: Paha, pinggul, dan terutama kaki daripada aerobik. Belum lagi musik-musik pengiringnya kerap dipilih yang enak-enak dan super enerjik pula. Tak heran apabila Zumba begitu difavoritkan.

Agar mendapatkan hasil optimal, lakukanlah olahraga ini 30-45 menit setiap paginya. Namun ingat! Jangan melakukan olahraga ini ketika perut sedang kosong. Setidaknya, 2 jam sebelum melakukan senam ini, isi terlebih dahulu perut kita.

Nah sahabat hawa, itulah tadi perbedaan antara Zumba, Aerobik. Semoga dengan penjelasan ini kalian kini akan bisa memiliki pilihan yang lebih jelas terkait jenis olahraga manakah yang ingin kalian lakukan.