Disaat isu global warming yang terus mencuat dan belum ada solusi yang tepat untuk menanganinya maka salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah tidak tambah merusak. Dalam hal ini mengurangi produksi karbondioksida seperti yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Dan cara yang paling efektif dan efisien adalah dengan bersepeda.

Ya, bersepeda sebagai pengganti Anda mengendarai kendaraan bermotor. Selain Anda dapat berkontribusi dalam menjaga alam, Anda juga akan mendapatkan tubuh yang sehat dan segar. Tidak hanya itu saja, dengan bersepeda dapat dipastikan juga Anda akan terbebas dari kemacetan di kota-kota besar. Dibawah ini beberapa manfaat kesehatan yang akan Anda dapatkan jika bersepeda secara rutin setiap hari.

Satu hal yang pasti ketika bersepeda adalah otot Anda akan menjadi kuat. Otot yang tertarik dan semakin kencang ketika bersepeda adalah otot kaki, otot perut, punggung dan lengan. Otot yang kencang dapat membantu fungsi otot secara efisien. Jika tulang sering digerakkan maka secara tidak langsung ia akan semakin kuat sehingga dengan bersepeda secara teratur dapat mengurangi resiko terkena penyakit tulang. Selain itu Anda juga akan terhindar dari penyakit tulang punggung, karena dengan bersepeda, otot-otot kecil yang ada di punggung akan terangsang dan akan membuat aliran darah menjadi lancar dan mengurangi resiko terkena penyakit.

Tidak hanya perihal fisik saja, bersepeda juga dapat meredakan bahkan menghilangkan stress. Hal ini dikarenakan bersepeda dapat memberikan efek relaksasi dengan gerakan siklik yang seragam dan dapat menstabilkan fungsi tubuh sehingga dapat melawan depresi, kecemasan, dll.

Manfaat baik yang paling menonjol dari bersepeda adalah pencegahan penyakit jantung. Dengan bersepeda maka jantung Anda akan sering terpompa sehingga menguatkan otot yang menyangganya. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan bersepeda secara teratur dapat mengurangi resiko penyakit jantung sebesar 50%. Selain itu, dengan bersepeda juga dapat melatih stamina agar tetap terjaga. Dengan stamina yang kuat, Anda dapat melawan rasa kantuk saat berada di kantor ataupun saat belajar, karena tidak cepat merasa lelah. Tubuh juga terasa lebih bugar dan ringan untuk diajak bergerak.

Ada banyak cara agar Anda tetap dapat bersepeda setiap hari. Bagi Anda yang sudah terbiasa bangun pagi, sempatkanlah bersepeda selama 10 menit untuk sekedar berkeliling komplek atau jika Anda mempunyai halaman yang cukup luas, Anda tinggal berputar-putar saja sudah cukup. Agar lebih menyenangkan Anda dapat bersepeda sambil mendengarkan musik lewat earphone, karena hal ini dapat meningkatkan semangat Anda ketika bersepeda.