Saat haid, nyeri yang datang memang tak tertahankan dan bagi beberapa perempuan bisa membuat mereka malas beraktivitas, apalagi melakukan aktivitas yang berat seperti olahraga.

Tetapi, sudah ada bukti kalau olahraga bisa membantu mengatasi kembung, melancarkan sirkulasi darah, dan juga meringankan kram akibat menstruasi. Hanya saja hindari olahraga yang terlalu berat seperti angkat beban dan olahraga lain yang terlalu melelahkan. Olahraga yang disarankan selama menstruasi adalah yang ringan dan menenangkan.

Berikut beberapa latihan yang disarankan selama menstruasi.

Jalan cepat

Olahraga yang paling disarankan untuk mengurangi serangan kram perut adalah latihan kardio dalam intensitas dan kecepatan rendah. Salah satu caranya adalah dengan jalan cepat. Aktivitas ini akan membantu membentuk otot dan meningkatkan detak jantung. Anda bisa berjalan santai sambil mengelilingi lingkungan rumah selama 30 menit.

Berenang

Berenang adalah salah satu cara yang paling tepat untuk berolahraga selama menstruasi. Lakukan gerakan yang santai dan lambat. Hindari melakukan gerakan agresif atau jarak yang terlalu jauh. Salah satu cara terbaik untuk bersantai, menghindari kram perut, sekaligus berolahraga, adalah dengan gaya punggung. Ini pasti akan meningkatkan aliran darah dan meningkatkan energi Anda.

Yoga

Yoga termasuk salah satu olahraga yang sangat cocok dilakukan untuk meredam rasa sakit. Lakukan gerakan yang berfokus pada peregangan perut dan abdomen. Latihan pernafasan juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Aerobik

Aerobik juga bisa dilakukan untuk mengeluarkan keringat, sekaligus bersenang-senang dengan gerakannya yang enerjik. Anda bisa merasa lebih segar dan berenergi.

Plank

Berbaringlah menelungkup di lantai dengan posisi lurus, lalu lipat tangan dan siku di bawah dada. Angkat tubuh perlahan dengan menggunakan lengan bawah dan jempol kaki. Tahan sikap ini beberapa lama dan ulangi beberapa kali.